Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyerahkan SK Pensiun kepada salah satu ASN. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sebanyak 108 Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Wonosobo menerima SK Pensiun. Karena masih dalam masa pandemi global Covid-19, dengan melihat banyaknya jumlah peserta dan harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

Sehingga penyerahan dibagi dalam tiga sesi. Secara simbolis SK diserahkan oleh Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar. Penyerahan SK pensiun Pendopo Bupati, Senin (3/5/2021).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Wonosobo Prayitno mengatakan SK tersebut diberikan kepada ASN yang masuk purna tugas pada periode bulan Mei hingga Agustus tahun 2021, yang terdiri dari Pejabat Eselon II sebanyak 3 orang.

Pejabat Eselon I sebanyak 2 orang, Pejabat eselon IV sebanyak 14 orang, Jabatan fungsional tertentu sebanyak 69 orang dan jabatan fungsional umum sebanyak 20 orang.

Prayit menambhakan dari 108 orang ASN tersebut masih terdapat 12 SK pensiun yang belum dapat diserahkan. Jarena masih ada beberapa usulan yang baru masuk di BKD W
minggu ke 3 Maret 2021 dan belum lengkap atau masih ada kesalahan dalam usulannya sebanyak 2 orang dan yang 10 orang masih proses di BKN.

“Dari 108 Orang yang diundang ini masih terdapat 12 SK pensiun yang belum dapat kami serahkan dikarenakan ada beberapa usulan yang baru masuk di BKD Wonosobo pada minggu ke 3 Maret 2021 dan belum lengkap atau masih ada kesalahan dalam usulannya sebanyak 2 orang dan yang 10 orang masih proses di BKN,” ungkapnya.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat memasuki masa purna tugas kepada para penerima SK Pensiun tersebut.

“Ini merupakan penghargaan yang wajib disampaikan, atas dedikasi kerjasama dan pengabdianya dengan sepenuh hati mendharmabhaktikan kepada negara dan bangsa. Memberikan pelayanan kepada masyarakat, mendidik dan membentuk generasi yang maju dan hebat. Kami wajib menyerahkan SK ini secara langsung di sini,” ucapnya.

Tetap Semangat

Wakil Bupati Wonosobo M Albar ketika memberikan sambutan. Foto : SB/Muharno Zarka

Afif berpesan, agar tetap bersemangat, dan selalu bersyukur sebagai orang hebat yang lulus sampai masa purna tugas tanpa masalah sedikitpun. Setelah kembali ke masyarakat nanti agar tetap berkarya.

“Wis pensiun yo tetap berkarya, tetap semangat, tidak boleh putus. Saya juga berpesan, setelah kembali kemasyarakat kami nitip agar tetap menjadi penyambung lidah pemerintah,” pesanya.

Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar juga menyampaikan terima kasih kepada pensiunan atas pengabdian yang baik dengan dedikasi tinggi selama menjabat sebagai ASN di Wonosobo.

Pemerintah bangga memiliki ASN yang mendedikasikan diri dengan penuh kedisiplinan dan tanggung jawab, sehingga pada masa pensiun ini pemerintah merasa kehilangan ASN yang andal dibidangnya masing-masing.

Kami merasa sangat kehilangan. Namun karena ini sudah masanya, kami hanya bisa menyampaikan terimakasih yang tak terhingga atas curahan semua tenaganya untuk negara. Selamat menjalankan masa purna tugas, kami harap pensiunan agar mempersiapkan diri, baik persiapan mental, kesehatan maupun ekonomi,” ucapnya.

Albar menambahkan, setelah masuk masa purna tugas, saatnya berganti, di mana perhatian dan tenaga yang dulu sepenuhnya untuk negara. Tiba saatnya sekarang dicurahkan kepada keluarga dan masyarakat lingkungan sekitar.

Pihaknya meyakini kehadiran para pensiunan di keluarga masing-masing sangatlah dinantikan karena akan menjadi peneduh bagi mereka. Oleh karenanya ia berharap agar para pensiunan semakin menikmati kebersamaan itu dan dalam suasana yang berbeda.

“Sekarang saatnya anda berganti mencurahkan tenaga untuk keluarga Saya yakin kehadiran anda sangat dinantikan karena akan menjadi peneduh dikeluarga masing-masing,” ucapnya.

Wabup mengatakan di lingkungan sekitar juga pasti membutuhkan tangan-tangan dingin pesiunan. Kehadiranya bisa meningkatkan kesejahteraan dan kebersamaan. Saatnya hadir kembali memakmurkan tempat ibadah di sekitarnya.

Muharno Zarka