Sejumlah perwakilan yayasan, dunia usaha dan perwakilan koite SMK Ratu Sukoharjo melakukan peletakan batu pertama pembangunan bengkel mesin kerjasama dengan Nasmoco.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID)SMK Veteran 1 Sukoharjo (SMK Ratu) membuat terobosan dengan menggandeng dunia usaha dalam rangka menampung produk dan calon tenaga kerja potensial. Ada 11 perwakilan dari dunia usaha yang menjalin kerjasama.

Syarief Hidayatullah, selaku Ketua Panitia menyebutkan, kegiatan tersebut tujuannya adalah link and match dengan dunia usaha. Tentunya yang sesuai dengan jurusan yang ada di seklah dan produk yang bisa dihasilkan di sekolah. “Jadi kerjasama dengan dunia usaha ini salah satu tujuannya adalah menyiapkan tenaga kerja atau lulusan yang sesuai dengan kompetensinya di perusahaan yang ada di Sukoharjo, khususnya. Sebab di sini banyak sekali dunia usaha, ada Sritek, SSI, Deltomed, produsen mesin CNC dan lainnya,” jelas Syarief.

Kerjasama dengan dunia usaha tersebut, kata Syarief, juga dihadiri oleh Dirjen SMK melalui online (zoom meeting), perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, pihak yayasan, serta komite.  Yang jelas, lanjutnya, guna mendukung program kompetensi bagi siswa di sekolahannya, akan dibangun bengkel kendaraan ringan dan menggandeng Nasmoco. Siswa-siswa yang ada di bengkel tersebut nantinya akan mendapat pendampingan dari pihak Nasmoco. “ Peletakan batu pertama pembangunan sudah dilakukan pada Sabtu (10/4/2021) bersamaan dengan penandatanganan kerjasama.”

Selain menjalin kerjasama dengan dunia usaha, SMK Ratu juga menjalin komunikasi dengan Universitas Veteran Bangun Nusantara (Bantara). Tujuannya, agar universitas bisa lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikannya sesuai dengan kompetensi atau jurusan yang ada di sekolahan. “Kami sudah komunikasi dengan pihak kampus Univet dan direspon untuk ke depan membangun sekolah vokasi,” imbuh Syarief.

WIB