blank
Bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-1115 Kota Magelang, Wali Kota Magelang Muhammad Nur Azis menyerahkan secara simbolis SK kenaikan pangkat dan golongan kepada 75 ASN. Foto: Yon

MAGELANG (SUARABARU.ID)-Wali Kota Magelang Muhammad Nur Azis meminta seluruh aparat sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Magelang harus bersatu dan meningkatkan semangat kerja.

“Saya masih melihat beberapa OPD berjalan sendiri-sendiri. Dan, bila bersatu akan dapat bergerak lebih cepat menuju Magelang yang maju, sehat dan bahagia,” kata Wali Kota Magelang Muhammad Nur Azis  pada upacara hari jadi ke- 1.115 Kota Magelang di halaman belakang Kantor Setda, Minggu ( 11/4).

Azis  juga meminta agar seluruh ASN di lingkungan Pemkot Magelang untuk meninggalkan ego sektoral dan meningkatkan kekompakan. Selain itu, juga agar menjadi contoh di masyarakat.

“ Untuk itu diperlukan nyawiji (bersatu), yakni pemerintah daerah hingga tingkat lurah  harus di tengah masyarakat. Bahkan, saya mau berencana berkantor di masing –masing kelurahan secara bergantian,” ujarnya.

Ia menambahkan,  untuk perencanaan berkantor di masing-masing kelurahan tersebut, hingga saat ini masih dimatangkan dengan wakil wali kota, sekda dan para kabag.

Menurutnya, memasuki usianya ke-1.115 tahun, indeks pembangunan manusia (IPM)  saat ini Kota Magelang berada di peringkat  ke empat dari 35 kabupaten/kota se Jateng, yakni sebesar 78,31. Atau masih di bawah  Kota Semarang, Kota Salatiga dan Kota Surakarta.

“Saya berharap di tahun 2023 mendatang, peringkat IPM Kota Magelang bisa meningkat, “ harapnya.

Ia menambahkan, salah satu upaya untuk meningkatkan IPM tersebut  saat ini Pemkot Magelang sedang berupaya merealisasikan  salah satu program unggulan.

Yakni,program pemberdayaan maju sehat dan bahagia (Mas Bagio). Berupa, bantuan stimulan Rp 30 juta per RT per tahun.

Program tersebut saat ini dalam tahap sinkronisasi dan rencana kerja tahun 2022 sudah dapat berjalan.

Naik Pangkat

HaPada kesempatan itu, Wali Kota juga secara simbolis menyerahkan surat keputusan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi bagi 75 ASN di lingkungan Pemkot Magelang.

Ke-75 ASN yang naik pangkat tersebut, terdiri atas golongan IV sebanyak 16  orang, golongan III sebanyak (28), golongan II  (22) dan golongan I sembilan orang.

Azis menjelaskan, sebenarnya ASN di Pemkot Magelang  yang mendapatkan kenaikan pangkat tersebut sebanyak 172 orang. Sedangkan, SK kenaikan pangkatnya bagi 97 ASN lainnya saat ini masih dalam proses di Badan Kepegawaian Nasional  Regional 1 Yogyakarta.

Azis berharap kepada ASN yang naik pangkat dan golongan tersebut untuk lebih bersemangat dalam melayani sebagai abdi masyarakat dan abdi pemerintah.

Yon