KH Masruri HS meimimpin doa pada tumpengan yang diawali bersih-bersih Makam Syeh Ireng Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen, Minggu 4/4.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Masyarakat Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen, Minggu (4/4) pagi kompak menggelar bersih-bersih makam desa menjelang Ramadan dilanjutkan tumpengan.

Kegiatan dipusatkan di dua makam desa di dua RW. Yaitu di Makam Muslim Desa Kawedusan  belakang Masjid Nurul Iman RW II Desa Kawedusan serta Makam Syeh Ireng, cikal bakal desa, di RW I Desa Kawedusan.

Kegiatan berjalan penuh guyub rukun dipimpin langsung Kades Kawedusan Aristanto dan para perangkat desa. Sebagian besar warga berdatangan ke dua makam itu sejak Pukul 06.00. Selain melakukan bersih-bersih kompleks makam juga digelar doa dan tumpengan dipimpin KH Masruri HS.

Warga Desa Kawedusan membersihkan makam desa dan menggelar tumpengan sebagai rasa syukur menjelang Ramadan.(Foto:SB/Ist)

Kades Kawedusan Aristanto kepada Suarabaru.id menjelaskan, maksud dan tujuan gerakan kebersihan itu mengajak warga desa untuk meningkatkan kebersihan menjaga lingkungan, terutama di sekitar makam desa menjelang bulan Ramadan.

“Kegiatan kerja bakti warga dilanjutkan tumpengan dengan tujuan mensyukuri nikmat Allah dan juga nguri-uri budaya Jawa,”ujar Aristanto.

Pihaknya mengimbau agar warga Desa Kawedusan selalu mengutamakan guyub rukun dan saling membantu serta mengedepankan gotong royong dalam setiap kegiatan.

Menyinggung ibadah Puasa dan Salat Tarawih bulan Ramadan yang tinggal sepekan lebih, Kades Kawedusan itu menyatakan bahwa pihaknya mengajak warga muslim tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran Covid- 19.

Menurust Aristanto, Pemerintah Desa Kawedusan akan memasang tempat cuci tangan di semua tempat ibadah desa, serta melakukan penyemprotan disinfektan. Untuk pengadaan tempat cuci tangan dan disinfektan telah dianggarkan dari Dana Desa tahun 2021.

Komper Wardopo