blank
Peserta Diksar Satpam mengikuti upacara pembukaan yang dilaksanakan di halaman depan Polres Blora. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID)- Sebanyak 78 peserta mengikuti pendidikan dasar (Diksar) Satuan Pengamanan (Satpam) yang diselenggarakan Kepolisian Resor (Polres) Blora, Senin, (22/03/2021).

Upacara Pembukaan Diksar Satpam berlangsung di halaman depan Polres Blora dengan Inspektur Upacara Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Drs Joko Watoro.

Dalam amanatnya Wakapolres Blora Kompol Drs.Joko Watoro mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung terlaksananya Diksar Satpam kali ini.

“Kami menyadari bahwa dengan segala keterbatasanya Polri tidak mungkin bekerja sendirian, dengan Diksar Satpam ini kami mengharapkan dapat membentuk Satpam yang sigap dan mumpuni sehingga bisa menjadi mitra kerja Polri nantinya dalam pelaksanaan tugas pengamanan,” kata Wakapolres Blora.

blank
Wakapolres menyematkan tanda peserta kepada dalam upacara pembukaan diksar. Foto: Ist.

Dinamika masyarakat yang bergerak begitu cepat dalam segala bidang, tambahnya, tentunya menimbulkan kerawanan tersendiri dan Polri menyadari bahwa tidak mungkin bekerja sendiri dalam menciptakan masyarakat yang aman dan tertib, hal inilah yang mendorong terbentuknya satpam di wilayah Blora, dan Indonesia pada umumnya.

Kapolri (ketika itu dijabat Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin ) mengeluarkan Surat Keputusan Kapolri; No. SKEP/126/XII/1980 tertanggal 30 Desember 1980 Tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan.

Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi atau badan usaha untuk melakukan keamanan fisik dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerja.

“Banyak yang mengaku petugas keamanan tetapi tidak pernah mengikuti pendidikan Satpam. Untuk itulah Polres Blora Bekerja sama dengan PT Bima Global Security mengadakan Pendidikan Dasar Satpam Gada Pratama,” jelasnya.

Perwakilan Bima Global Security, Guntur mengatakan bahwa selama pelaksanaan kegiatan Diksar Satpam betul betul menerapkan protokol kesehatan, karena masih dalam situasi pandemi covid-19.

“Laksanakan pendidikan dengan baik dan taati protokol kesehatan untuk antisipasi Covid-19,” pungkasnya.

Adapun untuk pendidikan Diksar Satpam akan dilaksanakan selama dua pekan kedepan dan akan diikuti oleh 78 peserta. Upacara yang digelar dengan sederhana tersebut, berjalan khidmat, lancar dan berkahir dengan doa bersama.

Kudnadi-wied

 

 

 

 

 

Penyematan tanda peserta (Endang Sri M) Diksar Satpam dilaksanakan di halaman depan Polres Blora, oleh Wakapolres.

 

Wakapolres Blora inspektur upacara pembukaan Diksar Satpam dilaksanakan di halaman depan Polres Blora.