blank
Sejumlah mahasiswa asal Papua yang berada di wilayah Surakarta sedang mengikuti pelatihan ternak lele. Foto: Dok/ist

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Dit Intelkam Polda Jateng dan Polresta Surakarta melakukan pendekatan kepada mahasiswa Papua di wilayah Surakarta, dengan memberikan pelatihan ternak lele.

Menurut Kasubnit 3.1 Sat Intelkam, Ipda F.I. Sipayung, S.TrK, pendekatan ini dilakukan untuk mencegah upaya provokasi yang masuk, terkait isu-isu Papua.

“Pendekatan atau penggalangan ini adalah untuk mencegah adanya upaya provokasi yang masuk kepada adek-adek mahasiswa Papua, dengan isu mengenai Papua,” kata Sipayung, Jumat (12/3/2021).

Dikatakan Sipayung, tujuan kegiatan itu agar mahasiswa Papua yang berada di Surakarta, tetap fokus melaksanakan kuliah, dan terhindar dari provokasi mengenai Papua.

“Kita harapkan mahasiswa Papua tetap fokus pada kuliahnya. Untuk itu kita memberikan ketrampilan beternak ikan lele,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Indonesia Timur, Moses Ferdinan Khamer menyatakan terima kasih kepada pihak Polri. Ia mengaku senang bisa mendapat pembelajaran cara berternak ikan lele bersama mahasiswa Papua lainnya yang ada di Surakarta.

“Kami berharap kedepannya kerjasama ini bisa terus dilakukan, untuk menggiatkan mahasiswa Papua di Surakarta.

Selain Kasubnit 3.1 Sat Intelkam, Ipda F.I. Sipayung, S.TrK, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kasubnit 3.2 Sat Intelkam, Aiptu Dior Sinaga, Ketua Indonesia Timur FC, Moses Ferdinan khamer, Ketua Ikatan Mahasiswa Papua Selatan/IMPAS, Ruben Givaru, dan lainnya.

Ning