blank
Sejumlah warga Kampung Munggang Atas Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo, mengikuti pelatihan pengelolaan sampah. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Sejumlah warga RW 12 Kampung Munggang Atas Kelurahan Kalibeber, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, mengikuti sosialisasi pengolaan sampah yang benilai guna.

Aktivis lingkungan Kampung Munggang Atas, Tri Purwanto, Kamis (11/3/2021) mengatakan, sosialisasi pengelolaan sampah ini digagas Mapala Universitas Sains Al Quran (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo.

Selain itu, kegiatan itu juga didukung Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Wonosobo, Bank Sampah Praba Kampung Prajuritan Bawah dan PT Tirta Investama (Aqua Danone).

BACA JUGA: Seluruh Kepala Poskamling di Kabupaten Magelang Apel di Mapolres

blank
Peserta pelatihan pengelolaan sampah berfoto bersama usai acara. Foto: Muharno Zarka

”Tujuan diadakan kegiatan ini, untuk mengurangi volume sampah dengan kreativitas memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan yang punya nilai estetika, dan nilai ekonomi yang lebih tinggi,” kata Tri.

Humas PT Tirta Investama Wonosobo, Basuki Rahmat menambahkan, pihaknya mempunyai program peduli lingkungan, agar ketersediaan air bersih bisa berlangsung terus menerus dan tidak terjadi kekurangan air bersih.

”Cara yang dilakukan adalah, dengan mendorong kepedulian masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik dan benar. Sehingga sampah tidak mencemari lingkungan dan punya nilai ekonomi tinggi,” sebutnya.

BACA JUGA: Polisi Gelar Baksos dan Kerja Bakti Gandeng Mahasiswa Asal Papua

Kegiatan yang selama ini dilakukan, lanjut dia, seperti konservasi lingkungan, pendampingan industri rumah tangga (IRT), pertanian berkelanjutan, kesehatan dan sanitasi di lingkungan pemukiman warga.

Sementara itu, pegiat Bank Sampah Praba Prajuritan Bawah Wonosobo, memberikan ilmu membuat barang bekas menjadi bunga cantik, tas belanja, toples dari koran dan lain sebagainya, pada warga Kampung Munggang Atas.

Menurut Tri Purwanto, dukungan dari banyak pihak itu, akan lebih memberikan nilai dan manfaat yang lebih variatif bagi warga Kampung Munggang Atas di RW 12 Kelurahan Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo.

Muharno Zarka-Riyan