blank

Oleh :Supriyanto  (Sepri)

JEPARA (SUARABARU.ID)- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Sukodono merupakan sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tahun 2020 atas dedikasinya menjaga lingkungan serta mengajarkan peserta didiknya menjaga dan peduli terhadap lingkungan hidup di sekolah.

blank
Sritoyo, S.Pd. Kepala Sekolah SDN 2 Sukodono.

Sebagai peringkat 1 peraih penghargaan Adiwiyata tahun 2020, SDN 2 Sukodono juga sampai dengan hari ini masih menerapkan pelajaran muatan lokal (mulok) serta ekstrakurikuler seni ukir.

blank
Dewan Guru SDN 2 Sukodono.

Sekolah yang dijuluki sebagai sekolah Sentong, karena berada di pojokan jalan tersebut mengimplementasikan pembelajaran siswanya tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) untuk membiasakan diri siswa dalam Prilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH).

Dalam mengkampanyekan PBLHS yang meliputi kegiatan kebersihan lingkungan sekolah, seperti pengelolaan sampah, penanaman, pemeliharaan pohon dan tanaman, serta penghematan energi di lingkungan sekolah, SDN 2 Sukodono selalu melibatkan warga masyarakat sekitar.

blank
Hasil kreasi siswa-siswi SDN 2 Sukodono dengan memanfaatkan limbah botol bekas.

Di antaranya dengan menjalin kerjasama dengan Komite sekolah, UPTD Puskemas Tahunan, Pemdes Sukodono, Dunia Usaha, para alumni serta orang tua atau wali murid.

Sebagai sekolah Adiwiyata, SDN 2 Sukodono sangat peduli dengan lingkungan di sekolah, karena merupakan implementasi dari pembelajaran guru ke siswa yang mengutamakan pendidikan karakter peserta didik sejak dini. SD Negeri 2 Sukodono bersama Komite Sekolah membuat Green House yang fungsinya sebagai apotik hidup juga sebagai sarana pembelajaran siswa di luar kelas.

Tidak hanya itu, bersama warga masyarakat sekolah untuk selalu memilah sampah organik dan non organik, serta pemanfaatan botol air minum sebagai media tanam, penanaman, pemeliharaan dan pembibitan pada kegiatan siswa dalam penghijauan di lingkungan sekolah

Bersama dengan Pemdes Sukodono juga bekerjasama dalam pemanfaatan sampah plastik dari jajan siswa untuk pembuatan Ecobrik. Kegiatan siswa dan tenaga kependidikan selalu melakukan penerapan hidup bersih dan sehat, dalam kebersihan dan perawatan lingkungan sekolah meliputi, fungsi sanitasi, dan drainase, ruangan kelas, ruang guru, ruang tamu, perpustakaan, kantin, dapur, teras, taman, kebun, halaman, dan tempat cuci tangan.

(Penulis adalah Admin SD Negeri 2 Sukodono, Kecamatan Tahunan, Jepara).