blank
Dr KH Ahmad Darodji MSI (Ketua Umum MUI Jateng/tengah). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, menyerukan kepada seluruh takmir masjid se-Jateng, untuk melaksanakan istighotsah atau memperbanyak membaca istighfar dan doa tolak bala, usai pelaksanaaan Shalat Jumat dan usai Shalat Maghrib di seluruh masjid.

”Upaya ini patut ditempuh bersama, sebagai bagian dari ikhtiar, agar Allah SWT segera mengakhiri pandemi covid-19,” kata Ketua Umum MUI Jateng, Dr KH Ahmad Darodji MSI kepada para wartawan, Senin (25/1/2021).

Menurut dia, pandemi covid-19 yang hingga saat ini belum usai, mengakibatkan korban meninggal maupun yang dirawat di rumah sakit terus meningkat. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pun, akhirnya harus diperpanjang hingga Senin (8/1/2021) mendatang.

BACA JUGA : Hendi Beri Kelonggaran untuk PPKM Jilid II di Kota Semarang

Artinya, upaya secara fisik dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sudah dilakukan. Kini saatnya melakukan upaya lain yang harus segera dilaksanakan.

”Kita berdoa, semoga vaksinasi dan semua upaya yang sudah dilakukan, baik lahiriah maupun batiniah, hasilnya sesuai harapan. Insya Allah upaya secara religi seperti ini, akan memperkuat ikhtiar yang sudah kita lakukan,” tambah Kiai Darodji.

MUI Jateng berharap, para ketua takmir masjid se-Jateng yang berjumlah sekitar 36 ribu itu, dapat melaksanakan seruan ini dengan penuh perhatian. Artinya, sebelum dilaksanakan istighotsah, maka muadzin agar terlebih dulu mengumumkan ketika akan menggelar Shalat Jumat.

BACA JUGA : Polrestabes Semarang Bekuk Dalang Pelaku Perampokan Uang Rp 561 Juta

Sehingga para jamaah semuanya mengetahui, dan akan ikut serta mengikuti serangkaian istighotsah, dengan memperbanyak istifghar dan doa tolak bala, yang dipimpin imam Shalat Jumat.

Kiai Darodji juga meminta kepada seluruh masyarakat Jateng, untuk tidak lengah sekejap pun terhadap bahaya covid-19. Termasuk mengikuti kebijakan pemerintah daerah dalam menerapkan protokol kesehatan.

”Justru di tengah pandemi ini, mari kita memperbanyak ibadah dan dzikir kepada Allah SWT, agar Allah memberi keselamatan kepada kita dari serangan covid-19,” tandas dia.

Riyan-Sol