GM Region Network Operations and Productivity Telkomsel Jawa Tengah & DIY, Adi Wibowo, menjelaskan kesiapan jaringan dan layanan pada musim mudik lebaran 2025, Senin 24 Maret 2025. foto : ist./tlkmsl

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menyambut para pemudik yang akan melintasi wilayah Jawa Tengah & DIY, Telkomsel telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk memastikan jaringan dan kualitas layanan komunikasi agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik.

Selama periode Ramadan dan Idul Fitri Telkomsel Regional Jawa Tengah dan DIY telah melakukan 888 aktivitas seperti cek availability, capability, capacity, coverage, dan quality termasuk dengan menempatkan 10 Combat (Compact Mobile Base Station) di lokasi strategis guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi.

GM Consumer Business Telkomsel Region Jateng & DIY, Gamada, mengungkapkan, Telkomsel juga telah menerapkan kecerdasan buatan (AI) dalam jaringan otonom (Autonomous Network) untuk menganalisis kebutuhan jaringan secara akurat dan mengatasi potensi gangguan secara cepat dan proaktif.

“Di wilayah Jawa Tengah dan DIY, terdapat 75 Point of Interest (POI) yang menjadi perhatian khusus. POI tersebut mencakup 57 special area (Mall, Alun-Alun, Tempat wisata), 12 jalur mudik (Rest Area, SPBU), hingga 6 transportation hub (Bandara, Stasiun, Terminal),” katanya, Senin 24 Maret 2025.

Dari sisi layanan Telkomsel menyiapkan 17 Posko Siaga di berbagai lokasi strategis yang tidak hanya menyediakan produk dan layanan standar, tetapi juga menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi pemudik karena sebagian dilengkapi dengan fasilitas seperti area bermain game, kursi pijat dan wifi gratis.

Selain itu, layanan GraPARI tetap beroperasi selama momen Idulfitri dengan jam operasional khusus pada H1 jam 11.00 – 17.00 WIB, dan H2 jam 08.00 – 19.00 WIB khusus GraPARI Pahlawan Semarang.

Untuk semakin memeriahkan Ramadan dan Idulfitri, Telkomsel menghadirkan berbagai promo menarik, di antaranya Paket Special Ramadan, Paket Hemat 20GB, Booleh Tau dari ByU, Paket Device Bundling, Diskon Modem Orbit dan Open Channel untuk pelaggan IndiHome.

Tak hanya itu saja, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, melalui program sambungkan senyuman Telkomsel juga menggelar berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) selama Ramadan.

Program CSR tersebut di antaranya seperti menyalurkan bantuan untuk 20 Masjid/Yayasan, 120 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan, program berbuka puasa bersama warga, sedekah Al-quran, hingga beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

Mengenai kesiapan ini GM Region Network Operations and Productivity Telkomsel Jawa Tengah & DIY, Adi Wibowo, mengatakan, pihaknya sangat antusias menyambut para pemudik yang akan melintasi wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Dengan berbagai peningkatan infrastruktur dan layanan, kami berkomitmen untuk memastikan kelancaran komunikasi bagi pelanggan, sehingga mereka dapat merasakan kenyamanan berkomunikasi selama perjalanan dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman,” katanya.

Dirinya menyatakan, dengan berbagai inisiatif ini, Telkomsel berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan serta mendukung kelancaran komunikasi selama Ramadan dan Idul fitri 2025.

Hery Priyono