blank
PKB Jateng menggelar Muswil yang diadakan secara daring, Minggu (10/1/2021). Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– KH M Yusuf Chudlori kembali ditetapkan sebagai Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah Periode 2021-2026.

Penetapan Gus Yusuf, sapaan akrabnya, dilakukan dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) PKB Jateng, yang digelar di Semarang, Sabtu-Minggu (9-10/1/2021).

Gus Yusuf mendapat mandat dari DPP, untuk memimpin partai ini pada lima tahun ke depan, yang kemudian mendapat persetujuan dan pengesahan dari seluruh DPC yang hadir.

BACA JUGA : Hari Pertama PPKM, Gubernur Susuri Kota Semarang Ingatkan Warga untuk Pakai Masker

Muswil juga menetapkan kembali H Sukirman sebagai Sekretaris. Sedangkan Ketua Dewan Syuro adalah KH Munif Zuhri dan Sekretaris Dewan Syuro KH Alamudin Dimyati Rois, serta Bendahara Abdul Hamid.

Komposisi ini adalah kepengurusan yang sama dengan periode sebelumnya, yang memang cukup berhasil menaikkan jumlah kursi PKB di DPRD Jateng, dari 13 menjadi 20.

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar dalam sambutan virtualnya mengatakan, Muswil kali ini berbeda dengan periode-periode sebelumnya. Kali ini, Muswil digelar serentak di seluruh Indonesia.

BACA JUGA : PPKM Dilaksanakan, Artos Mall Magelang Ubah Jam Operasional

”Dulu saya harus keliling wilayah satu-satu. Memang saat ini tidak bisa ketemu tapi bisa menyapa semua, sehingga juga efektif. Karena itu tiada kata yang tepat selain tetap bersyukur,” katanya dalam keterangan persnya, Minggu (10/1/2021) malam.

Muhaimin menegaskan, Muswil ini menandai proses demokrasi internal. Tak hanya sekadar regenerasi, melainkan sebagai ajang evaluasi dan konsolidasi.

”Ini momentum kita bisa lanjutkan titik awal dengan background lima tahun sebelumnya, sebagai pijakan ke depan,” tegasnya.

BACA JUGA : Diterjang Angin Kencang, Pohon Tua Tumbang Timpa Instalasi Listrik

blank
Hasil Muswil memutuskan, KH M Yusuf Chudlori kembali ditetapkan sebagai Ketua DPW PKB Jateng Periode 2021-2026. Foto: hery priyono

Gus AMI, sapaan akrabnya menambahkan, dua bulan sebelum Muswil, dirinya sudah mendapatkan laporan dari tim evaluasi, atas kinerja pengurus wilayah se-Indonesia.

”Sebagian besar menyenangkan, meski di sisi lain ada catatan-catatan. Dari evaluasi, tentu ada pengurus DPW yang dipertahankan. Adapula yang ditarik ke DPP sebagai restorasi diri, agar ke depan lebih baik,” ungkap dia.

Wakil Ketua DPR RI ini menegaskan, di masa pandemi, konsolidasi harus terus dijalankan. Berbagai ancaman dari dampak pandemi harus diantisipasi bersama.

BACA JUGA : Curah Hujan Tinggi, Tanah Longsor Menutup Jalan

”Karena pandemi ini bisa saja memunculkan dampak krisis ekonomi hingga sosial. Karena itu PKB harus terus berperan, dan hadir di tengah masyarakat untuk mengatasi berbagai persoalan itu,” tuturnya.

Muswil sendiri digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Peserta dari kabupaten/kota hanya dua orang, yakni Ketua DPC dan Ketua Dewan Syuro. Peserta juga diminta menyertakan hasil tes bebas covid-19 dari instansi berwenang.

KH M Yusuf Chudlori dalam sambutannya, mengajak semua kader untuk bisa berpolitik dengan mengedepankan sikap yang memahami situasi masyarakat.

BACA JUGA : Pulang Kampung Tengok Ibu, Guru Asal Tegal Jadi Korban Sriwijaya Air

Sense of crisis harus dikedepankan. Muswil merekomendasikan kita tetap harus fokus membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi yang bekepanjangan. Selain kesehatannya, juga ekonominya. Program dan rencana kerja harus kita arahkan ke sana,” ujarnya

Gus Yusuf juga menargetkan Pemilu 2024 harus meningkat lagi, dibandingkan tahun 2019. Kepengurusan hasil Muswil merupakan perpaduan antara pengurus lama dan pengurus baru.

Gus Yusuf juga memasukkan beberapa profesional dari pengusaha, dokter, pengacara dan juga tokoh Tionghoa.

BACA JUGA : Nenek Renta Hanyut di Sungai Nalumsari Saat Buang Air Besar

Insya Allah, ini modal bagi PKB Jawa Tengah untuk merespons Ketua Umum Gus Ami yang ingin PKB masuk tiga besar dalam Pemilu 2024,” harap dia penuh optimisme.

Menurut dia, sejauh ini yang didapatkan PKB Jateng merupakan hasil kerja keras bersama. Dia mencontohkan dalam Pilkada 2020, pengurus dan kader terus memperlihatkan kekompakkan.

”Memang ada yang berhasil, maupun yang belum berhasil. Yang pasti semua sudah bergerak. Semua sudah ada catatan dan evaluasinya untuk perbaikan ke depan,” sambungnya.

BACA JUGA : Kapolres Blora Tegaskan Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan di PPKM Jawa-Bali

Ketua DPP PKB Faisol Riza yang juga hadir untuk memimpin rapat pleno menambahkan, Muswil digelar untuk dilakukan penataan dan penyeragaman masa bakti kepengurusan di semua tingkatan.

”Maka Muswil di Jawa Tengah ini dimajukan. Ikut secara Nasional. Proses penyeragaman ini sudah dilakukan evaluasi secara Nasional atas kinerja DPW se-Indonesia,” terangnya.

Usai Muswil, jelas Faisol, selanjutnya akan dilakukan penatan pengurus di tingkat kabupaten/kota. ”Kita berharap, hasil evaluasi ini menjadi pijakan kita ke depannya” paparnya.

Hery Priyono-Riyan