blank
MENGECEK - Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriono dan Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi bersama Forkopimda mengecek sarpras Rusunawa. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota Tegal, telah menyiapkan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan Gedung Olah Raga (GOR) Tegal Selatan Kota Tegal untuk menampung lonjakan pasien Covid-19.

Secara simbolis peluncuran dilaksanakan oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriono di pelataran Rusunawa di Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19, Senin (23/11/2020).

blank

Hadir anggota Forkompimda, Ketua DPRD Kusnendro, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari, Dandim 0712 Letkol. Inf Sutan Pandapotan Siregar, dan Danlanal Letkol Mar Ridwan Aziz.

“Dengan segenap jajaran Forkompimda melaunching tempat isolasi mandiri untuk masyarakat Kota Tegal. Dan persiapan apabila ketika nanti rumah sakit tidak cukup untuk menangani pasien Covid-19,” kata Dedy, kepada wartawan usai peluncuran.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Sri Prima Indraswari mengatakan, di Rusunawa Tegalsari ada 64 tempat tidur, dan di GOR Tegal Selatan ada 60 tempat tidur. “Yang dirawat di sini pasien yang terkonfirmasi positif tanpa gejala dan gejala ringan. Apabila gejalanya berat di rumah sakit,” kata Prima

Di dua tempat isolasi mandiri tersebut, ada seorang dokter dan dua perawat yang berjaga setiap shif-nya dalam 24 jam. “Yang untuk keamanan dibantu petugas dari TNI Polri,” imbuhnya.

Prima mengungkapkan, hingga Senin siang tercatat total ada 1.043 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 warga Kota Tegal. Rinciannya, 37 dirawat, 238 isolasi mandiri, 719 sembuh, dan 49 meninggal dunia.

Nino Moebi