blank
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak (kiri), menerima penjelasan tentang informasi bencana alam banjir dan tanah longsor dari Bupati Pacitan Indartato (mengangkat tangan). Termasuk kerusakan dua jembatan yang putus diterjang banjir.(Foto:Humas Pacitan)
PACITAN (SUARABARU.ID) – Warga masyarakat yang bermukim di kawasan lintas selatan-selatan Provinsi Jawa Timur (Jatim), diminta meningkatkan kewaspadaannya terhadap bencana alam. Utamanya menghadapi musim penghujan sekarang ini, dalam kiat mengantisipasi kemunculan banjir dan tanah longsor.

Demikian diserukan Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, Rabu (18/11), ketika melakukan kunjungan kerja ke lokasi bencana di Kabupaten Pacitan. Kawasan lintas selatan-selatan Jatim yang dinilai rawan bencana alam di musim penghujan, meliputi Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Trenggalek, serta Kabupaten Ponorogo.

Pasalnya, di wilayah tersebut memiliki tingkat kerawanan terhadap bencana banjir dan potensi bencana alam tanah longsor yang cukup tinggi. Saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Pacitan, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, meninjau ke lokasi bencana banjir yang memutuskan jembatan di Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung dan di Desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan Kota.

blank
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak (kanan), meninjau lokasi bencana alam di Kabupaten Pacitan. Termasuk mendatangi lokasi jembatan yang putus diterjang banjir.(Foto:Humas Pacitan)

Beri Bantuan
Saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana, Emil yang mantan Bupati Trenggalek ini, didampingi oleh Bupati Pacitan, Indartato, bersama pejabat dari dinas terkait. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak, berkenan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak bencana di Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

Tim Humas Pemda Kabupaten Pacitan, Rizky, Luky dan Arif, mengabarkan, bantuan yang diberikan Wakil Gubernur Jatim berupa sembako, terpal tenda gulung, perlengkapan keluarga, dan perlengkapan kebersihan. Juga diserahkan perlengkapan bayi, paket sandang, selimut serta sepatu boot kepada 85 Kepala Keluarga (KK).

”Pemprov Jatim dalam waktu dekat akan menyiapkan dukungan kepada masyarakat terdampak, lewat penyiapan rumah untuk hunian sementara,” tegas Wakil Gubernur Jati, Emil Dardak.

Dua Jembatan
Sedangkan untuk rencana pembangunan dua jembatan yang putus, Wagub Emil Dardak, menyebutkan, itu nanti akan dibangun melalui dana APBD Kabupaten Pacitan. Kemudian untuk perbaikan rumah warga yang terdampak bencana dengan tingkat kerusakan parah, akan disubsidi dana dari Pemprov Jatim.
blank
Bersamaan ketika melakukan kunjungan meninjau lokasi becana di Kabupaten Pacitan, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak (kanan depan), berkenan membagi-bagikan masker kepada warga masyarakat.(Foto:Humas Pacitan)

Pada kesempatan itu, Wagub Emil Dardak, juga mengingatkan bahwa di musim penghujan ini, warga masyarakat yang berkukim di kawasan selatan Provinsi Jatim, seperti di Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Trenggalek, perlu meningkatkan kewaspadaannya. Wilayah tersebut, disebutkan memiliki tingkat kerawanan terhadap bencana banjir dan tanah longsor yang cukup tinggi.

Sebagaimana pernah diberitakan, dua jembatan yang terputus di Desa Banjarjo dan Desa Sirnoboyo tersebut, terjadi akibat diterjang banjir bandang pada hari Minggu (15/11) lalu. Disamping menimbulkan bencana banjir, dampak dari adanya hujan deras juga menyebabkan bencana tanah longsor di Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

Bambang Pur