blank
Pantai Dewaruci Jatimalang, slaah satu wisata pantai favorit di Kabupaten Purworejo. Foto: Taletha.

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – Akhir pekan panjang Rabu 28 Oktober sampai Minggu 1 November 2020 menjadi liburan panjang, setelah pemerintah menetapkannya sebagai cuti bersamabersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Libur panjang ini diperkirakan menjadikan warga akan berbondong-bondong pergi ke tempat-tempat wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Purworejo, M Agung Wibowo memprediksi beberapa tempat yang akan menjadi favorit wisatawan. Pantai dan hutan pinus diperkirakan akan menjadi tujuan melepas penat.

“Destinasi dengan daya tarik pantai dan hutan pinus diprediksi akan ramai pengunjung. Pantai Dewaruci Jatimalang, Jetis dan Ketawang kami prediksi akan banyak pengunjung, terutama saat akhir pekan ini,” kata Agung Wibowo ketika dikonfirmasi, Senin (26/10).

Selain sejumlah pantai tersebut, obyek wisata pegunungan seperti Puncak Kayangan, Sikepel, Mliwis Hill, Hutan Pinus Kalilo serta Bukit Besek pun akan panen wisatawan.

“Dinas mendorong para pelaku wisata untuk melayani wisatawan dengan protokol kesehatan. Kami memberikan arahan kepada para pengelola untuk berkoordinasi dengan gugus tugas setempat,” lanjut Agung.

Dalam  penerapan protokol kesehatan perlunya kesiapan SOP, personel dan sarana. Seperti libur beberapa waktu yang lalu. Untuk buka terbatas pada saat awal sempat mengalami lonjakan namun masih dalam taraf normal.

“Dengan  luasan objek wisata, untuk kerumunan masih bisa di antisipasi dengan cara himbauan personel,” kata Agung.

Perkiraan jumlah wisatawan yang kurang lebih 8.000 – 20.000 orang selama liburan ini. Pendapatan dari penjualan tiket masuk diprediksi Rp 30 juta – Rp 80 juta. Hitungan tersebut belum termasuk pendapatan langsung seperti belanja kuliner dan suvenir kerajinan.

“Kami mengimbau agar pengelola wisata dan pengunjung patuh pada protokol kesehatan. Lakukan 3M (Memakai masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak) saat ada di objek wisata. Kami juga telah mengirim surat edaran himbauan protokol kesehatan kepada  pelaku desa wisata dan para pengelola destinasi wisata yang ada di Kabupaten Purworejo,” pungkas Agung.

TALETHA-trs