LONDON (SUARABARU.ID) – Chelsea memastikan kedatangan kiper baru dari Rennes, Edouard Mendy. Frank Lampard, manajer The Blues, menyatakan Petr Cech berperan besar dalam transaksi ini. Mendy (28) kabarnya ditebus dengan harga 22 juta pound, dan tinggal menyelesaikan detail-detail kepindahan.

Kiper Timnas Senegal itu diharapkan menjadi solusi di bawah mistar gawang yang sebelumnya dihuni Kepa Arrizabalaga. Sejak musim lalu Kepa menjadi tajam karena rentan melakukan kesalahan. Penjaga gawang termahal di dunia itu akhir pekan lalu melakukan blunder ketika mencetak ”assist” untuk gol Sadio Mane dalam kekalahan 0-2 saat menjamu Liverpool pada lanjutan Liga Primer Inggris.

Untuk memastikan timnya mendapatkan kiper yang tepat, manajemen menyerahkan keputusan perekrutan di posisi tersebut pada Cech. Mantan kiper The Blues itu sejak tahun lalu menjabat sebagai penasihat teknik dan performa di klub. Kebetulan Cech dulu menempuh jalan yang sama dengan Mendy saat ini.

Keduanya sama-sama bergabung Chelsea dari Rennes. Diyakini hal ini pula yang memudahkan langkah Si Biru mendapatkan Mendy. “Petr berperan penting karena kiper itu posisi yang sangat spesifik. Petr dulu adalah yang terbaik di dunia di posisi tersebut untuk waktu yang lama sehingga dia jelas punya pengaruh besar pada situasi ini,” ujar Lampard seperti dikutip Sky Sports.

“Dari sudut pandang saya, saya sangat bergantung padanya ketika menyangkut urusan kiper. Petr sangat berpengaruh,” ungkapnya. Chelsea merekrut Kepa pada musim panas 2018 seharga 80 juta euro dari Athletic Bilbao semasa Maurizio Sarri menjabat sebagai manajer. Sayang, performa tak sepadan dengan banderolnya.

rr

-->