blank
Peringatan Hari Kartini Tahun 2024 digelar di TK Dharma Wanita Tawangrejo III, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Ditandai dengan pemotongan tumpeng, menyanyikan bersama Lagu Ibu Kita Kartini dan nonton film.(Dok.Tarmin)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk memperingati Hari Kartini Tahun 2024, anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Tawangrejo III, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Jateng.mengenakan busana tradisional.

Tokoh masyarakat, Tarmin, semalam, menyatakan, anak pria memakai busana beskap dan blangkon, siswi mengenakan kebaya dan kain jarik. Acara peringatan Hari Kartini digelar secara sederhana. Dikemas dengan tema Mengenalkan Pahlawan Perempuan Kepada Anak-anak.

Dalam peringatan yang digelar di TK Dharma Wanita Tawangrejo III, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, anak-anak diperkenalkan sosok Raden Ajeng Kartini Djojo Adiningrat atau RA Kartini.

Kepala TK Dharma Wanita Tawangrejo III, Sarti, menyatakan, menjadi hal penting untuk menanamkan pemahaman perjuangan RA Kartini kepada anak-anak. Utamanya dalam kiprahnya memperjuangkan kesetaraan gender di Indonesia.

Peringatan Hari Kartini di TK Dharma Wanita Tawangrejo III Tahun 2024, diikuti oleh 29 peserta didik bersama Guru Pendamping Suparmiati. Mereka diajak untuk mengenal lebih dekat sosok Kartini melalui pemakaian busana adat Jawa, seperti beskap bagi laki-laki dan kebaya bagi anak perempuan.

Anak-anak juga mendapatkan kesempatan untuk menonton film tentang kisah perjuangan Kartini. “Kegiatan ini bukan sekadar seremonial, tetapi juga sebagai upaya untuk memahami nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Kartini, seperti kesetaraan dan keadilan,” ungkap Suparmiati.

Bersama anak-anak, dinyanyikan Lagu “Ibu Kita Kartini,” dirangkai dengan pemotongan tumpeng. Ini sekaligus dimaksudkan sebagai simbol penghormatan terhadap jasa-jasa Kartini dalam perjuangan emansipasi wanita di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menanamkan nilai-nilai kepahlawanan Kartini kepada anak-anak sejak usia dini, serta menginspirasi mereka untuk berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara,” tambah Sarti.
Bambang Pur