blank
Ilustrasi pindang serani (foto: cookpad).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Jka sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara berhasil memecahkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kegiatan bakar ikan, kali ini Pemkab Jepara bersiap memecahkan Rekor Muri kembali dengan menyajikan sebanyak 9.200 porsi pindang srani.

Sebagai wilayah di pesisir Pantai Utara, Jepara tentunya memiliki hasil laut yang sangat melimpah, salah satunya ikan. Sejalan dengan itu, Pemkab Jepara juga mempunyai program yang terus dikampanyekan yaitu gerakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan).

Sajian makan gratis 9.200 porsi pindang serani ini rencananya akan digelar Jumat (26/4/2024) besok, mulai pukul 6:30 WIB di Pendapa RA. Kartini Jepara. Hidangan kuliner khas Jepara ini akan disajikan sebagai bagian dari rangkaian acara festival Hari Kartini yang ke- 145 tahun.

Pindang serani sendiri merupakan jenis kuliner sup ikan laut. Rasanya khas, karena memadukan rasa pedas, asam manis, yang biasanya disajikan di siang hari.

Meskipun ada banyak jenis pindang ikan yang populer di Jepara, seperti pindang ndas manyung dan pindang cemplung namun yang membedakan pindang srani dengan pindang lain adalah bumbunya.

Pindang srani menggunakan bumbu antara lain, bawang merah, bawang putih, kemiri, laos, mrica, jahe, kunir, daun salam, daun jeruk, serai, lombok, tomat, asam. Semua bumbu tersebut ditumbuk halus. Meskipun sesuai selera, ikan yang cocok untuk masakan pndang srani adalah ikan kakap merah, ikan patikoli, ikan krapu dll.

ua

blank

blank