blank

KUDUS (SUARABARU.ID) – Peringatan Hari Jadi Kota Kudus ke 471 yang jatuh pada 23 September 2020 ini nampaknya akan diperingati secara sederhana. Pasalnya, pandemi Covid-19 yang terjadi membuat beragam kegiatan yang sudah direncanakan dipastikan batal terlaksana.

Kabid Kebudayaan pada Disbudpar Kudus, Lilik Ngesti W, Senin (21/9),  pihaknya awalnya sudah menyiapkan berbagai program kegiatan untuk memperingati Hari Jadi Kota Kudus ke 471. Namun karena masa pandemi, kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan, ditunda dan diganti dengan kegiatan yang lebih sederhana.

“Karena tidak mungkin menggelar acara peringatan dengan kegiatan gebyar yang mengumpulkan masa banyak,”tandasnya.

Dijelaskannya, meski sederhana tetapi beberapa kegiatan seperti khotmil Qu’ran dan apel dihalaman pendopo tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Masih kata Lilik, untuk khotmil Qur’an akan dimulai pada Selasa (22/9) sore di pendopo kabupaten Kudus. Rencananya, acara tersebut akan diikuri oleh 45 orang.

Sedangkan untuk apel yang akan digelar di halaman pendapa pada Rabu (23/9) juga akan diikuti oleh 45 orang.

Selain itu pula, pada Kamis (24/9), akan dilaksanakan tahlil di makam Kangjeng Sunan Kudus yang juga diikuti oleh 45 orang.  Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diwajibkan memakai pakaian Kudusan.

Tm-Ab