blank
Tim Gugus Tugas Kabupaten Wonogiri, memakamkan lagi jenazah pasien dari rumah sakit, yang dilakukan secara protokol kesehatan Covid-19.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Gugus Tugas Kabupaten Wonogiri, memakamkan lagi jenazah pasien dari rumah sakit, yang rosesinya dilakukan sesuai protokol kesehatan pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19.

Ini menjadi pemakaman yang ketujuhkalinya dalam Bulan Agustus 2020 di Kabupaten Wonogiri. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, pemakaman Kamis sore (27/8) dilakukan pada jenazah Nenek berinisial W (88) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Bakalan, Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Yang bersangkutan adalah warga Dusun Bakalan, Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, yang sebelumnya merupakan pasien RSUD Kabupaten Sukoharjo. Pemulasaraan jenazahnya dilakukan oleh Tim Medis RSUD Kabupaten Sukoharjo. Selanjutnya, prosesi pemakamannya dilaksanakan secara protokol kesehatan Covid 19 oleh Tim Corona Kabupaten Wonogiri.

blank
Pemakaman jenazah pasien dari rumah sakit, dilakukan secara protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona. Melibatkan personel BPBD, TNI Kodim 0728 Wonogiri, relawan SAR dan PMI.

Tim Gabungan
Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) Covid-19 Kabupaten Wonogiri, menyatakan, personel yang memakamkan adalah tim gabungan yang terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, Anggota TNI Kodim 0728, relawan Search And Rescue (SAR) dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri.

IKut hadir menyaksikan proses pemakaman, Camat Selogiri Sigit Purwanto bersama jajaran Forkompincam Selogiri, personel tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Selogiri, aparat Desa Gemantar bersama keluarga almarhumah.

Ini merupakan pemakaman jenazah dengan cara protokol kesehatan Cpovid-19 yang ketujuhkalinya di Kabupaten Wonogiri dalam Bulan Agustus 2020. Sebelumnya, Tim Jogo Tonggo Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri, Minggu malam (23/8) lalu, memakamkan jenazah pasien probable Covid-19 Ny S (63) di TPU Wonokarto, Wonogiri.

Kecamatan Manyaran
Sebelumnya, Sabtu Tanggal 22 Agustus 2020 berlangsung pemakaman di Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Tanggal 15 Agustus 2020, memakamkan jenazah di Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Tanggal13 Agustus 2020 melakukan pemakaman di TPU Lingkungan Blimbing, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri.

blank
Pemakaman jenazah di TPU Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid Wonogiri. Yang sebelumnya merupakan pasien RSUD Kabupaten Sukoharjo.

Tanggal 10 Agustus 2020, pemakaman di TPU Dusun Karanglo, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Tanggal 2 Agustus 2020 di Dusun Cobor, Desa Sumberejo, Kecamatan Jatisrono.

Menurut Bambang Haryanto, pemakaman jenazah yang dilakukan secara protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona, belum tentu yang bersangkutan positif. Pemakaman secara protokol kesehatan Covid-19, dilakukan pada jenazah yang statusnya karena memang terkonform, suspek, probable atau karena kontak erat.

Bambang Pur