blank
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat mendatangi Kantor PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, baru-baru ini. Hal itu dilakukan, lantaran selama ini dirinya menerima banyak keluhan warga, yang masuk melalui kanal aduan LaporHendi, soal tagihan iuran air yang melonjak.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu pun mendatangi kantor pelayanan PDAM cabang Semarang Selatan, di Jatingaleh, Semarang. Disana dirinya ingin memastikan penyebab terjadinya lonjakan tagihan air yang sebagian besar dikeluhkan masyarakat.

Setibanya di kantor PDAM Cabang Semarang Selatan, Hendi menuju loket pengaduan untuk menanyakan keluhan masyarakat disana. Dirinya juga sempat meminta klarifikasi dari Kepala Cabang PDAM Semarang Selatan.

BACA JUGA : Disbudpar Trial Simulasi Kegiatan di Taman Budaya Raden Saleh

Tak menemukan titik temu, Hendi lantas bertolak ke Kantor Pusat PDAM untuk menemui jajaran direksi, dan menanyakan perihal lonjakan tarif yang terjadi. Dari penjelasan yang diperoleh, Hendi menuturkan, jika lonjakan terjadi karena akumulasi pemakaian dari bulan Maret sampai dengan Juni.

”Karena pada saat kita menetapkan wilayah ini terkena pandemi covid-19, maka petugas mengalami kesulitan dalam pengecekan meteran, sehingga pada akhirnya dilakukan pencatatan secara mandiri oleh pelanggan, dengan meng-share foto, atau jika tidak maka akan dilakukan rata-rata oleh petugas PDAM,” ujarnya.

Setelah dilakukan pengecekan riil pada Juni, ternyata tagihannya melebihi tagihan yang dihitung rata-rata di tiga bulan sebelumnya. Sehingga berdasar itu dilakukan penyesuaian atas kekurangan tagihan yang ada di bulan Juli.

Karena ketidaktahuan masyarakat, maka banyak keluhan yang disampaikan terkait melonjaknya tagihan air itu. Penghitungan ini mengakibatkan pelanggan kaget dan PDAM pun telah memperkirakan bakal ada keluhan dari masyarakat.

blank
Hendi langsung menindaklanjuti banyaknya keluhan warga masyarakat terkait lonjakan tagihan iuran air. Foto: heri priyono

Silakan Negosiasi
Di samping itu, PDAM juga memperkirakan jika selama di rumah saja, dipastikan aktivitas pemakaian air akan meningkat. Menyikapi hal itu, Hendi pun memberikan keringanan kepada para pelanggan, dengan mempersilakan pelanggan PDAM untuk mencicil biaya tagihan sesuai kemampuan.

”Silakan dicicil lima kali, 10 kali, 15 kali, dipersilakan, dan tidak akan diberlakukan denda untuk keterlambatan khusus bulan Juli ini. Masyarakat juga diperbolehkan untuk melakukan negosiasi dengan para pimpinan cabang, guna menyelesaikan masalah terkait dengan lonjakan tagihan air,” imbau dia.

Hendi secara tegas juga meminta kepada jajaran PDAM, agar laporan-laporan warga ditindaklanjuti dengan serius. Bahkan petugas harus mendatangi warga yang melapor untuk mengecek kondisi sebenarnya.

Dia pun mengharapkan, agar jajaran PDAM Tirta Moedal Kota Semarang dapat lebih responsif untuk menangani permasalahan dan berbagai keluhan dari para pelanggan, dengan cara memaksimalkan sosialisasi, terkait dengan lonjakan tagihan air yang terjadi di masa pandemi covid-19 ini.

Heri Priyono-Riyan