Ilustrasi terminal petikemas Pelindo Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. foto : Pelindo

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) melalui subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) yang bergerak di layanan terminal nonpetikemas, melakukan berbagai upaya strategis.

Upaya ini dilakukan untuk memastikan kelancaran layanan logistik di seluruh terminal selama periode libur Lebaran 2025.

Terdapat 20 branch/cabang yang dikelola Pelindo Multi Terminal tersebar di wilayah Sumatera (Malahayati, Lhokseumawe, Belawan, Dumai, Sibolga, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun).

Di Jawa (Tanjung Emas, Tanjung Intan, Jamrud Nilam Mirah, Gresik, Tanjung Wangi).

Kalimantan (Balikpapan, Bumiharjo Bagendang, Trisakti), Sulawesi (Makassar, Parepare), dan Bali Nusa Tenggara (Benoa, Lembar, Bima Badas).

Ditambah lagi kesiapan operasional Anak Perusahaan Pelindo Multi Terminal, yaitu 11 terminal multipurpose PTP Non-Petikemas, serta 5 terminal satelit operasi kendaraan IPCC Terminal Kendaraan, yang tersebar di wilayah Indonesia.

Berbagai persiapan dilakukan untuk melayani bongkar muat kargo dengan memastikan kesiapan fasilitas dan peralatan di pelabuhan, pengendalian traffic flow, penyediaan buffer area, serta berkoordinasi dengan para pemilik kargo terkait aturan pembatasan angkutan barang menjelang Lebaran.

Direktur Operasi Pelindo Multi Terminal, Arif Rusman Yulianto, menerangkan, bahwa Perusahaan siap untuk menyediakan layanan optimal bongkar muat kargo maupun layanan arus penumpang mudik serta arus balik nanti.

“Perusahaan berkomitmen untuk menghadirkan layanan terbaik bagi segenap pengguna jasa kepelabuhanan, khususnya menjelang maupun saat Lebaran 2025,” kata Arief Rusman.

Pihaknya memastikan proses bongkar muat dan distribusi barang dapat berjalan tanpa hambatan, terutama untuk komoditas strategis yang mendukung industri dan kebutuhan masyarakat.

“Selain itu, kami juga terus berkomitmen meningkatkan layanan agar arus mudik penumpang kapal yang melalui pelabuhan dapat berjalan lancar, nyaman dan aman tentunya,” kata Arif, Sabtu 29 Maret 2025.

Untuk melayani lonjakan arus penumpang di delapan terminal yang dikelola Pelindo Multi Terminal, yakni: Tanjungpinang, Sibolga, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Emas, Gresik, Lembar, Bima, dan Parepare, perusahaan memastikan kesiapan layanan, personel, dan fasilitas di terminal penumpang yang dikelolanya sehingga dapat berjalan dengan optimal.

Terminal penumpang tersebut telah dilengkapi berbagai sarana dan fasilitas seperti: ruang tunggu keberangkatan, area kedatangan, ruangan VIP, barrier gate, ruangan laktasi, ruangan pelayanan medis, area parkir, tempat ibadah, ketersediaan APAR, serta fasilitas yang ramah bagi penumpang disabilitas di beberapa terminal penumpang.