blank
Penyerang AC Milan Hakan Calhanoglu (tengah) melepaskan tembakan untuk membawa timnya unggul atas Lazio, dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (4/7/2020). Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – AC Milan mengganggu upaya Lazio bersaing ketat dengan Juventus untuk meraih gelar Liga Italia, setelah menghantam tuan rumah 3-0 dalam pertandingan Liga Italia di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Bagi Lazio, kekalahan itu membuat mereka gagal memangkas jarak dengan Bianconerri. Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Juve sukses menang 4-1 atas rival sekota Torino, untuk unggul tujuh poin di pucuk klasemen.

Sedangkan bagi Milan, tiga poin membuat Rossonerri berhak naik satu strip untuk berada pada peringkat keenam dengan 46 poin, meski posisi tersebut berpeluang kembali direbut Napoli yang akan bermain melawan AS Roma pada Minggu, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Gol pertama Milan dibukukan Hakan Calhanoglu (23), disusul kemudian eksekusi penalti Zlatan Ibrahimovic (34), sebelum gol Ante Rebic (59) mengamankan kemenangan ke-13 Milan musim ini.

Penyerang Milan Zlatan Ibrahimovic dimainkan sebagai pemain inti untuk pertama kalinya pada periode kompetisi dilanjutkan setelah terhenti akibat pandemi COVID-19. Namun justru Lazio yang mengancam lebih awal melalui umpan Jony ke kotak penalti Milan, yang gagal disambar oleh Joaquin Correa dan Sergej Milinkovic-Savic.

Milan membuka keunggulan pada pertengahan babak pertama. Calhanoglu bergerak memotong dan melepaskan sepakan yang sempat terbelokkan Marco Parolo, untuk kemudian melambung melewati kiper Thomas Strakosha dan masuk gawang.

Ini merupakan pertandingan ketiga berturut-turut di mana Lazio kemasukan gol terlebih dahulu. Bedanya, Lazio bangkit untuk menang 2-1 pada kedua pertandingan lainnya.

Ibrahimovic mencetak gol pada menit ke-31, namun tidak disahkan karena dia berada pada posisi offside saat melepaskan sepakan voli.

Tidak lama berselang, Lazio dihukum penalti karena tangan Stefan Radu mengenai bola di kotak terlarang. Arah sepakan penalti Ibrahimovic sebenarnya dapat dibaca Strakosha, namun bola lolos melewati bagian bawah tubuhnya.

Lazio berusaha bangkit pada babak kedua. Correa menguji kiper Gianluigi Donnarumma dengan sepakan keras ke tiang dekat, namun kiper Strakosha juga harus menjinakkan upaya Franck Kessie.

Tim tuan rumah kemudian berhasil menjebol gawang Milan saat Manuel Lazzari menyelesaikan serangan balik yang dibangun timnya. Namun gol itu tidak disahkan karena offside.

Justru Milan yang mampu memperbesar keunggulan. Bola akurat kiriman Giacomo Bonaventura, dimaksimalkan oleh Rebic untuk menaklukkan Strakosha dan mengamankan kemenangan Milan.

Sejumlah peluang masih tercipta pada fase akhir pertandingan. Theo Hernandez melakukan upaya solo dari tepi kotak penaltinya sendiri, namun upayanya masih dapat digagalkan Strakosha. Theo Hernandez juga memiliki peluang bagus, namun sepakannya masih melebar.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Lazio (3-5-2): Thomas Strakosha, Patric, Francesco Acerbi, Stefan Radu (DenisVavro 55), Manuel Lazzari, Sergej Milinkovic-Savic (Djavan Anderson 67), Lucas Leiva (Bobby Adekanye 46), Marco Parolo, Jony (Jordan Lukaku 55), Luis Alberto, Joaquin Correa (Danilo Cataldi 64)

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma, Andrea Conti (Davide Calabria 71), Simon Kjaer, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez, Franck Kessie (Lucas Biglia 86), Ismael Bennacer, Alexis Saelemaekers, Giacomo Bonaventura (Rade Krunic 71), Hakan Calhanoglu (Lucas Paqueta 38), Zlatan Ibrahimovic (Ante Rebic 46).

Ant/Muha