blank
Personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, tampil mengamankan dan ikut melakukan pengaturan massa penerima BLT.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para anggota tentara dan personel polisi dari jajaran Koramil dan Polsek di Wonogiri, termasuk para personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas, aktif melakukan pengamanan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST). Mereka sekaligus memberikan pengaturan massa, sesuai protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

Sebagaimana dilakukan Serka SB Munte dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri, yang melakukan pengamanan pembagian BST di Pendapo Kantor Kecamatan Pracimantoro. Itu dilakukan bersama Anggota Polsek Pracimantoro Aiptu Sugeng dan Aiptu Sadiman.

Penyaluran BST dibagikan kepada 698 warga terdampak pandemi Covid-19 dari 5 desa. Yakni Desa Joho sebanyak 257 orang, Desa Sumber Agung 157 orang, Desa Jimbar 113 orang, Desa Watangrejo 118 orang, dan dari Desa Glinggang 53 orang.

blank
Gerbang Kantor Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, hanya dibuka sedikit dan mendapatkan penjagaan petugas. Ini untuk mengendalikan kerumunan massa warga penerima BST.

Pendapa Kecamatan
Pendistribusian BLT Dana Desa (DD) Tahap II di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, dilaksanakan di Pendapa Kecamatan Ngadirojo. Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Ngadirojo, Agus Hendradi, Anggota Koramil-03 Ngadirojo Serka Agus beserta personel Babinsa, Anggota Polsek Ngadirojo Iptu Askuri.

Kepala Puskesmas Ngadirojo Dokter Rita Yuliana Sari hadir bersama tim medis. Juga datang para Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa se Kecamatan Ngadirojo, para Pendamping Desa dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan pejabat dari Dinas Sosial (Dinsos) Wonogiri.

Di Kecamatan Ngadirojo, ada sebanyak 1.431 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang mendapatkan BST. Terdiri atas warga Desa Ngadirojo Kidul sebanyak 158 KPM, Desa Gemawang 274, Desa Mlokomanis Wetan 136, Desa Gedong 162, dan Desa Pondok 157,  Desa Jatimarto 109, Desa Kerjo Lor 134, Desa Kerjo Kidul 136, dan Desa Ngadirojo Lor 134.

blank
Personel Babinsa dan Angota Koramil di Wonogiri, turun bersama Bhabinkamtibmas, untuk ikut aktif mengamankan dan mengatur massa penerima BST.

Tim Medis
Selasa (23/6), pemabgian BST di Pendapa Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Eko Budiarto, Babinsa Serda Anton Wahyudi, Anggota Polsek Batuwarno Aiptu Maryanto, Kasi Kesra Hesti Sandyta, Pendamping Desa dan TKSK Kecamatan Batuwarno bersama Tim Medis Puskesmas Batuwarno.

Serda Anton, Babinsa dari Koramil-06 Batuwarno, menjelaskan, penyaluran BLT diterimakan kepada 878 KPM. Yakni kepada warga Desa Sumberagung sebanyak 103, Desa Tegiri 184, Desa Ronggojati 108, Desa Kudi 136, Desa Batuwarno 105, Desa Sendangsari 136, dan Desa Sumberejo sebanyak 106 KPM.

blank
Tim medis dari Puskesmas, ikut diturunkan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kondisi kesehatan bagi para calon penerima BST.

Sebagaimana yang juga dilaksanakan di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, pengaturan warga penerima BST dilakukan sejak dari pintu gerbang. Kendaraan bermotor dilarang masuk halaman. Para penerima diatur untuk senantiasa jaga jarak dan menghindari kerumunan. Juga disediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun.

Bambang Pur