blank
Ketua umum PMI Grobogan, Mohammad Soemarsono (seragam putih) saat meninjau langsung persiapan kegiatan donor darah di Desa Teguhan, Kecamatan Grobogan.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Tanggal 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah se Dunia. Di hari istimewa tersebut, PMI Grobogan yang bermarkas di Jalan P. Tendean Purwodadi dipenuhi warga, Minggu (14/6/2020).

Kedatangan mereka sebagai bentuk antusias untuk memperingati Hari Donor Darah se Dunia dengan mendonorkan darahnya. Meski dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan, mereka tetap melakukan donor darah.

Tak hanya berlangsung di Unit Donor Darah PMI Grobogan saja. Kegiatan donor darah juga digelar di Desa Teguhan. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum PMI Grobogan, Mohammad Soemarsono yang didampingi Kepala Markas PMI Grobogan, Jasman dan pengurus lainnya.

Dalam kesempatan itu, Soemarsono mengapresiasi para pendonor yang selama ini peduli terhadap sesama. Lewat setetes darah ini, bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

“Saya memantau kegiatan donor darah yang dilaksanakan dalam rangka Hari Donor Darah se-Dunia yang diselenggarakan di Markas PMI Grobogan dan juga di Desa Teguhan, Kecamatan Grobogan. Tadi ramai, tapi tetap mengutamakan protokol kesehatan. Semangat masyarakat bagus. Kepala desanya juga bagus memotivasi masyarakatnya,” jelas Soemarsono.

Momen hari donor darah sedunia ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, peringatannya dibarengi dengan masa pandemi. Meski demikian, Soemarsono berharap masyarakat tetap giat memberikan donor darah karena kebutuhan darah masyarakat tidak menurun.

“Alhamdulillah, selama bulan puasa sampai dengan saat ini semangat masyarakat Grobogan untuk donor darah masih cukup tinggi sehingga di bulan puasa kemarin sampai sekarang kita tidak mengalami kekurangan,” kata Soemarsono.

Dia mengucapkan terima kasih untuk masyarakat Grobogan. “Semoga mendapatkan pahala yang berlipat-lipat dari Tuhan Yang Mahaesa,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Grobogan ini.

Selain itu, Soemarsono juga berpesan kepada masyarakat tentang manfaat donor darah. Menurut dia, adanya donor darah ini, sudah berbuat baik terhadap sesama.

“Dengan berdonor darah kita sudah berbuat baik untuk sesama. Tingkatkan kesadaran kita untuk membantu sesama melalui donor darah,” tutupnya.

Hana Eswe