Anggota Polres Magelang Kota dan Kodim 0705/ Magelang  bersinergi  melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Pasar Rejowinangun Kota Magelang. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

MAGELANG- (SUARABARU.ID)- Kodim 0705/ Magelang bersama dengan Polres Magelang Kota dan pemerintah daerah setempat, kembali  menyemprokan cairan disinfektan di sejumlah jalan  dan fasilitas umum.

“Secara kebetulan ada arahah dari Kapolri dan Kapolda Jateng untuk masing-masing polres untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona dengan penyemprotan masal disinfektan. Kebetulan, arahan dari Kapolri dan Kapolda Jateng ini sinkron dengan kebijakan dari Pemkot Magelang dan Kodim 0705/ Magelang,” kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setyawan, Rabu ( 27/5).

Nugroho mengatakan, pada penyemprotan disinfektan secara serentak tersebut dengan sasaran fasilitas umum yang ada di Kota Magelang, yakni jalan -jalan utama dan empat pasar tradisional.  Yakni, Pasar Rejowinangun, Pasar Gotong Royong dan Pasar Kebonpolo serta Pasar Cacaban.

Menurutnya, penyemprotan disinfektan masal tersebut juga sesuai dengan arahan dari Presiden RI dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 menuju “New Normal” ( kehidupan  normal yang baru pascapandemi covid-19).

Ia menambahkan, pada penyemprotan disinfektan tersebut selain bersama dengan jajaran TNI, pihaknya juga dibantu dari Pemkot Magelang yakni, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, serta relawan dari PMI Kota Magelang.

“Dalam melaksanakan penyemprotan ini, menggunakan dua unit truk tangki pemadam kebakaran, satu unit mobil pemadam kebakaran, dua unit sepeda motor pemadam kebakaran dan mobil -mobil patrol milik Polres Magelang Kota maupun dari Kodim 0705/ Magelang,” katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0705/Magelang , Letkol Czi Anto Indriyanto mengatakan, langkah antisipasi dari Kodim 07054/Magelang, Polres Magelang Kota dan Pemkot Magelang dengan penyemprotan cairan disinfektan tersebut, karena ditengarai masyarakat Kota Magelang mulai  menyepelekan   himbauan dari pemerintah.

“Kami menilai  masyarakat Kota Magelang sudah mulai menyepelekan  himbauan dari pemerintah tentang bahaya virus corona. Mungkin, mereka telah mulai jenuh dengan kehidupan selama hampir tiga bulan beraktivitas di dalam rumah,” kata Anto Indriyanto.

Ia menambahkan, aksi penyemprotan disinfektan secara masal ini sebagai salah satu upaya untuk mengingatkan masyarakat Kota Magelang, agar  tidak lengah di tengah wabah pandemic Covid-19 yang belum tahu kapan berakhir.

“Kegiatan yang dilaksanakan dari Kodim 0705/ Magelang , Polres Magelang Kota dan Pemkot Magelang ini dalam upaya  memotivasi masyarakat agat tidak lengah di saat pandemic Covid-19 ini  yang belum berakhir, “ katanya.

Ia menambahkan, selain melakukan penyemprotan di wilayah Kota Magelang, sejumlah personel Kodim 0705/Magelang juga melakukan hal yang sama di wilayah Kabupaten Magelang yang dipusatkan di wilayah Kecamatan Secang.

“Sebagian anggota Kodim0705/Magelang juga melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Kecamatan Secang. Karena, wilayah territorial Kodim0705/Magelang ada di dua wilayah, yakni Kota Magelang dan Kabupaten Magelang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono mengapresiasi langkah yang diambil  Polres Magelang Kota dan Pemkot Magelang dalam pencegahan covid-19 di wilayah Kota Magelang.

“Nantinya, akan kami tindaklanjuti dengan penyemprotan secara masal hingga ke seluruh kelurahan yang ada di Kota Magelang,” katanya.

Yon-trs

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini