Sertu Yoyok dari Koramil Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, peduli memakaikan masker kepada pemuda pengendara sepeda motor yang kedapatan tidak mengenakan masker saat melintas di jalan raya Manyaran.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Berbagai upaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), terus dilakukan di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Salah satunya dengan dicanangkannya Gerakan Ayo Pakai Masker.

Mendapati ada warga masyarakat yang lewat jalan tanpa masker, Sertu Yoyok dari Koramil Manyaran Kodim 0728 Wonogiri langsung bereaksi. ”Kok tidak memakai masker, ?” tegus Sertu Yoyok. Bila jawabannya belum punya, langsung diberi dan dipakaikan langsung di tempat.

Gerakan Ayo Pakai Masker (GAMP), digalakkan langsung oleh Camat Manyaran Purwadi HS bersama Danramil Kapten (Inf) Agus Priyanto dan Kapolsek Iptu Abu Bakar Sidiq beserta aparat dinas terkait. Senin (18/5), dilakukan cegatan terhadap warga masyarakat yang lewat di ruas jalan raya depan Kantor Kecamatan Manyaran.

Bila ada yang belum mengenakan masker, kepadanya ditegur mengapa tidak memakai masker. Teguran ini disampaikan langsung oleh Camat Purwadi HS. ”Mas, ayo pakai masker. Ini baru musim wabah corona, berbahaya bila tidka mengenakan masker,” tegurnya ketika menghentikan pengendara sepeda motor berusia dewasa.
Yang ditegur mengaku sebagai petugas ekspedisi pengiriman paket.

Cegatan untuk mendisiplinkan warga memakai masker bila keluar rumah, digalakkan oleh Forkompincam Manyaran, Wonogiri. Ini dikemas dalam GAPM.

Pengantar Paket
Kepadanya diberikan pemahaman, kalau keluar rumah wajib hukumnya pakai masker. Apalagi bagi pekerja pengantar paket, yang memiliki mobilitas tinggi dan banyak bertemu banyak orang. ”Biasakan untuk mengenakan masker bila bertugas di luar rumah,” pesan Camat Purwadi HS.

Sertu Yoyok mewakili Danramil Kapten (Inf) Agus Priyanto, mengatakan, patroli masker ini menyasar kepada masyarakat yang bekerja dan beraktivitas di jalan, termasuk para tukang parkir, sopir angkutan pedesaan (Angkudes), dan tukang ojek.

Bila mendapati ada warga yang melintas di jalan raya Manyaran, Wonogiri, yang tidak memakai masker, kepadanya langsung dipakaikan masker di tempat.

”Mereka ini banyak bersinggungan dengan orang lain, wajib mengenakan masker dan membersihkan tangan dengan hand sanitizer, kita semua harus disiplin dalam menjaga kesehatan diri dan memberikan perlindungan kepada orang lain,” tegasnya.

“Jika masih ada warga yang membandel, saya tidak segan-segan akan menegurnya dan akan memakaikan masker secara langsung kepadanya,” ujar Sertu Totok. Kesadaran warga Kecamatan Manyaran dalam memakai masker untuk pencegahan corona sudah baik. ”Namun masih saja ada beberapa yang lalai,” tuturnya.

Saat mendapati ada yang lalai membawa masker. Kepadanya idingatkan kali lain jangan sampai lupa dan tidak boleh lupa. ”Ini demi upaya kita memutus mata rantai penularan wabah virus corona,” tandas Sertu Yoyok.

Bambang Pur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini