blank
Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho saat menyerahkan secara simbolis bantuan sosial kepada para sopir angkutan. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 526 ngemudi angkutan barang maupun penumpang mendapatkan bantuan sosial sebesar Rp 600 ribu, terhitung mulai April hingga bulan Juli 2020. Bantuan yang diberikan ini khusus diberikan kepada para sopir mitra polantas yang terdampak pandemi covid-19.

Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho kepada para sopir di Aula Jananuraga, Jumat (8/5/2020).

Dalam sambutannya, Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, menjelaskan Korlantas Polri meluncurkan Program Keselamatan Tahun 2020 dalam rangka membantu masyarakat. Khususnya, kepada mitra lalu lintas yang terdampak virus Corona atau Covid-19. Program tersebut berupa bantuan sosial yang disertai dengan pelatihan penanganan pencegahan Covid-19 dan pelatihan tertib berlalu lintas.

Program ini memadukan pelatihan keselamatan dengan materi pencegahan Covid-19 dan Keselamatan Lalu Lintas lewat daring dan tutorial dengan memperhatikan aturan physical distancing dan social distancing yang diikuti dengan pemberian dana tunai kepada penerimanya.

Pelatihan dan penyaluran bantuan ini dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Polri dalam rangka membantu masyarakat, khususnya para mitra lalu lintas yang terdampak pandemi ini.

Menurut AKBP Ronny, mitra lalu lintas terkena dampak penurunan ekonomi yang drastis akibat Covid-19. Dimana, para peserta program ini adalah pengemudi-pengemudi bus, truk, angkot, ojek konvensional, andong, becak dan kernet di Kabupaten Grobogan.

“Apalagi dengan adanya larangan mudik, awak transportasi pasti berkurang drastis penghasilannya,” ungkap AKBP Ronny.

Dijelaskan juga, sebanyak 526 orang awak tranportasi mitra Polantas (Polisi Lalu Lintas) yang sudah terdata di Polres Grobogan untuk mendapat bantuan Program Keselamatan ini.

“Bantuan yang diberikan berupa uang sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,” tambah dia.

Sementara untuk penyalurannya dilakukan melalui kartu debet Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Bapak Jokowi dan Kapolri yang telah memberikan bantuan kepada kami dan sudah saya terima,” ujar Huda, peserta yang mendapatkan bantuan sosial tersebut.

Hana Eswe-Wahyu