blank
Nanda Cahyadi Pribadi. Eko Priyono
MAGELANG (SUARABARU.ID) – Setelah sehari sebelumnya tidak ada tambahan ODP, PDP, maupun terkonfirmasi positif, hari ini Selasa (5/5/2020) ada tambahan satu PDP dan enam terkonfirmasi positif.
Untuk tambahan enam positif itu lima di antaranya warga Kecamatan Candimulyo yang memiliki riwayat bepergian dari Gowa, Sulawesi Selatan, mengikuti Itjimak Ulama. Satu lainnya dari Kecamatan Kajoran.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menginformasikan,
dengan tambahan enam orang itu, kini ada 25 terkonfirmasi positif. Untuk tambahan enam orang itu saat ini menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas kesehatan dan satgas percepatan penanganan covid-19 kecamatan dan desa. Sedang yang terkonfirmasi positif lainnya saat ini dirawat di sejumlah rumah sakit. Meliputi RSUD Tidar, RST dr Soedjono, RSJ Prof Soerojo dan RSUD Muntilan.
Sementara itu tambahan satu orang pasien dengan pengawasan (PDP), lanjut Nanda, berasal dari Kecamatan Grabag. Dengan tambahan satu PDP itu total ada 21 orang. Terdiri atas 21 data kemarin ditambah satu baru dan dikurangi satu PDP pulang karena kondisi membaik atau sembuh. Yakni dari Kecamatan Salaman.
Untuk PDP yang sembuh, kini berjumlah 99 orang. Sedang pasien terkonfirmasi positif, ada tiga orang yang sembuh. Untuk yang meninggal masih tetap 20 orang. “Terdiri atas 18 PDP dan dua orang terkonfirmasi positif,” katanya.
Dia kembali menyampaikan imbauan Bupati Magelang Zaenal Arifin agar warga menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama di lingkungan masing-masing. Baik disiplin soal bekerja, belajar dan beribadah di rumah, memakai masker saat ke luar rumah, menunda mudik, menjaga jarak minimal satu hingga dua meter.
Juga sering mencuci tangan dengan sabun, menunda mudik, mengonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup, minum vitamin, serta menjaga daya tahan tubuh.
Eko Priyono