blank
Ilustrasi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Penularan wabah Corona di Kabupaten Kudus nampaknya semakin memprihatinkan. Update Minggu (3/5), terkonfirmasi sebanyak 10 kasus positif Corona baru yang ada di wilayah Kabupaten Kudus.

Yang memprihatinkan, dari semua kasus baru tersebut semuanya adalah tenaga kesehatan di sebuah rumah sakit. Mereka dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil uji swabnya keluar.

“Sebelumnya mereka juga sudah dirapid test dan hasilnya reaktif. Kemudian ditindaklanjuti dengan PCR, dan mereka dinyatakan positif,”kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, dr Andini Aridewi, Minggu (3/5) siang.

Penambahan 10 orang nakes yang terkonfirmasi Covid-19 di Kudus pun menambah jumlah Nakes yang terkonfirmasi Covid-19, yakni menjadi 13 orang. Sehingga, secara akumulatif di Kudus, kini jumlah kasus positif melambung tinggi menjadi 37 kasus terkonfirmasi Covid-19.

“Dari 10 tenaga kesehatan tersebut terdiri dari enam perempuan dan dua laki-laki. Mereka telah dijemput dan dirawat sejak semalam,”kata Andini.

Saat ini delapan dari 10 tenaga kesehatan tersebut dirawat di RS Mardi Rahayu Kudus. Sementara, dua orang sisanya dirawat di Semarang karena domisilinya memang dari Semarang.

Kondisi mereka, dikatakan Andini, juga dalam keadaan baik. Tak ada gejala mirip pasien Covid-19 seperti sesak, batuk, maupun demam. Mereka juga tidak memiliki penyakit penyerta.

Untuk rincian para tenaga kesehatan, Andini menjelaskan lima orang berasal dari dalam Kabupaten. Sementara lima orang lainnya berasal dari luar kabupaten.

Yang dari Kudus diantaranya empat orang berasal dari Kecamatan Jati dan satu berasal dari Kecamatan Bae. Sementara dari luar kabupaten, tiga orang dari Kabupaten Demak dan dua orang dari Semarang.

Tracing Kontak

Andini menambahkan, kesepuluh pasien baru juga bukan merupakan orang-orang yang memiliki kontak erat dengan penderita. Oleh karena itu, pihaknya akan coba mendalami tracing kontak kesepuluh pasien baru.

“Untuk saat ini kami bersama tim surveillance puskesmas tengah melakukan tracing kontak,” terangnya.

Baca Juga: Hari Ini Ada 6 Kasus Positif Baru di Kudus, Berikut Daftarnya

Hingga kini, kata Andini, pihaknya masih belum menyimpulkan sumber penularan yang menjangkiti para tenaga kesehatan tersebut.

Disinggung apakah sumber penularan tersebut terkait dengan kasus perawat RS Mardi Rahayu yang sebelumnya divonis positif dan akhirnya sembuh, kata Andini, jaraknya terlalu jauh.

Tm-Ab