blank
Ketua Pegasus, Andreas Afandi membagikan masker dari rumah ke rumah untuk para warga di dusun Gayas, desa Ringinpitu, Kecamatan Gabus. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) –Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Pemuda Gayas Seduluran Salawase (Pegasus) membagikan maskeru untuk warga di Dusun Gayas, Desa Ringinharjo, Kecamatan Gubug, Grobogan, Senin (13/4/2020).

Pembagian masker tersebut juga sekaligus dipergunakan untuk mengampanyekan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus corona yang mulai masuk wilayah Kabupaten Grobogan.

Kegiatan ini diinisasi oleh Andreas Afandi (30), warga setempat. Sebanyak 300 masker yang dibagikan merupakan sumbangan dari donatur. Sedangkan, masker hasil iuran pemuda masih dalam proses jahit.

”Kebetulan ada donatur yang memberi 300 masker. Besok yang mau dibagikan ada 200 buah dan berikutnya ada 200 buah lagi masih dijahit,” kata Afandi, sapaan Andreas Afandi.

Dalam pembagiannya, setiap rumah atau setiap KK diberikan dua buah masker. Afandi berharap, total masker nantinya dapat mencukupi seluruh warga di Dusun Gayas. ”Lebih penting kampanye penggunaan masker. Harapannya, masyarakat lebih sadar akan pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini,” tambah Afandi, yang juga ketua Pegasus ini.

Selain memberikan masker, para pemuda Pegasus tersebut juga menempel poster berisi kampanye penggunaan masker. Poster itu ditempel di beberapa tempat strategis, antara lain di warung dan di masjid sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Afandi menyatakan, pembagian masker tersebut murni dilakukan oleh Pegasua sendiri. Pihaknya menjelaskan, jika pemerintah desa ingin menyalurkan bantuan masker, pihaknya siap membagikannya kepada masyarakat setempat.

”Kami gerak dulu. Seadanya dari teman-teman. Siapa yang bisa membantu, langsung saja membantu di lapangan,” pungkas Afandi.

Hana Eswe.