blank
SIMBOLIS: Kapolres Demak, secara simbolis menyerahkan tempat air untuk cuci tangan kepada Kades Kalikondang. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Demi mencegah penyebaran dan penularan virus Corona agar tidak semakin meluas, Kapolres Demak AKBP Fidelis Purna Timuranto, mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran diri dan lingkungannya.

Hal itu seperti yang disampaikan Kapolres, saat membuka acara program Operasi Aman Nusa, dengan mencanangkan Posko Kampung Siaga Covid-19 di wilayah Demak.

BACA JUGA : Pemkab Demak Bagikan 5.000 Masker, Dua Pasien Membaik

Ada empat titik Posko Kampung Siaga Covid-19, yang didirikan di Kabupaten Demak. Di antaranya yang berada di Kecamatan Demak Kota yakni, Desa Kalikondang, Desa Betokan dan Kelurahan Bintoro. Sedangkan satu lainnya berada di Desa Gemulak, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

”Tujuan pendirian posko ini, untuk mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan penanganan terhadap Covid-19, atau yang disebut dengan virus Corona,” kata Fidel, dalam sambutanya di Balai Desa Kalikondang, Senin (13/4/2020).

Ditambahkan dia, dari tataran pencegahan Covid-19, banyak hal yang dapat disampaikan kepada masyarakat. Seperti pemberian pemahaman akan pentingnya cuci tangan yang bersih. Kemudian tersedianya alat penyemprot, masker, sarung tangan dan sebagainya.

Serahkan Bantuan
”Alat-alat tadi sebagai Alat Pelindung Diri atau APD. Sehingga gugus satuan tugas yang sudah terbentuk di desa ini, bisa menangani dengan baik terhadap orang-orang yang diperkirakan terindikasi terinfeksi Covid-19,” ungkapnya.

Menurut dia, posko ini nantinya berupaya untuk memutus penyebaran virus Corona di tingkat Desa. Di antaranya membubarkan kerumunan yang dapat menularkan virus, memberikan edukasi kepada masyarakat agar melakukan hidup sehat.

Sebagai bentuk kepeduliannya, Kapolres menyerahkan bantuan APD sebagai kelengkapan pencegahan, di antaranya wastafel, alat penyemprot, masker, hand sanitizer. Selain itu juga, diserahkan bantuan berupa sembako yang diterimakan kepada warga yang kurang mampu.

Rudy-Riyan