blank
LEPAS TIM: Bupati Demak bersama pimpinan OPD, saat akan melepas tim untuk membagikan 5.000 masker untuk masyarakat. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Demak, Bupati HM Natsir didampingi Sekda Singgih Setyono beserta jajaran pemkab lainnya, pada Senin (13/4/2020), memberikan bantuan berupa 5.000 masker.

Masker itu kemudian dibagikan pada masyarakat di empat kecamatan, meliputi Demak, Bonang, Wedung dan Guntur. Dalam kegiatan itu, bupati dan rombongan melepas tim gabungan beberapa OPD yang bertugas untuk membagikan masker kepada masyarakat.

BACA JUGA : Bank Jateng Cabang Utama Peduli Covid-19 Kepada Para Pensiunan

Sekda Demak selaku juru bicara Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Demak meyampaikan, masker yang dibagikan itu sebelumnya tersimpan di posko Informasi Covid-19.

Masker ini merupakan sumbangan dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta, yang diserahkan pada posko untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat.

”Untuk sementara kita bagikan dulu di empat kecamatan. Pembagian masker dilakukan tim dari OPD. Dalam pembagian masker itu, petugas juga menyosialisasikan pencegahan penularan melalui pengeras suara,” jelas Singgih.

blank
BAGI MASKER: Pembagian masker di Simpang Enam dan Masjid Agung Demak. Foto: rudy

Membaik
Bupati Demak HM Natsir dalam keterangannya menyampaikan, agar para perantau untuk sementara menunda kepulangannya atau mudik ke kampung halaman. Ini dilakukannya, sebagai langkah untuk memutus penularan virus Corona.

”Saya imbau kepada warga Demak yang berada di luar daerah atau luar provinsi, untuk tidak usah memaksakan diri pulang ke kampung halaman. Tujuanya, untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Saya mohon, bila Anda sayang keluarga, sayang dengan saudara dan sayang sama teman maupun tetangga, jangan mudik sekarang,” imbau Natsir.

Sementara itu, dari data pantauan Covid-19 di Kabupaten Demak pada Minggu (12/4/2020) menunjukkan, ada sebanyak 364 ODP, tujuh PDP dan dua orang positif.

Terkait dua pasien yang dinyatakan positif, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan, kedua pasien dinyatakan positif sejak Selasa (7/4/2020) lalu. ”Saat sekarang ini, pasien kondisinya sudah membaik,” jelas dia.

Rudy-Riyan