BAGI MASKER: Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setiyawan, didampingi Kasatlantas AKP Sumpening, saat memberikan imbauan serta membagikan masker bagi pengemudi sepeda motor yang tidak memakai masker. Foto: Yon

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Sejumlah pengendara kendaraan bermotor yang sedang melintas di Jalan Iklas Kota Magelang, dihentikan petugas Satlantas Polres Magelang Kota, pada Operasi Keselamatan Candi 2020.

Namun pada Razia itu, petugas tidak memeriksa surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK maupun kelengkapan kendaraan lainnya. Petugas hanya menghentikan pengemudi atau pengendara yang tidak memakai masker.

BACA JUGA : Terinspirasi SUARABARU.ID Pensiunan Pemda Bantu Tukang Becak

”Jika biasanya pada razia mengedepankan keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya, tetapi kali ini dikemas dengan kegiatan sosialisasi keselamatan untuk pencegahan Covid-19. Petugas membagikan ratusan masker dan hand sanitizer,” kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setiyawan, Sabtu (11/4/2020).

Dia menambahkan, dengan dibagikannya masker kain dan cairan pembersih tangan itu, dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya. Terutama yang beraktivitas di luar rumah.

Menurutnya, dalam aksi ini dilakukan dengan cara berkeliling di beberapa titik Kota Magelang. Seperti sepanjang Jalan Pemuda (kawasan pecinan), Jalan Mataram (depan Pasar Rejowinangun), Jalan Iklas, Tidar dan Jalan Tentara Pelajar.

Maklumat Kapolri
”Ada pun sasaran utama untuk pembagian masker dan hand sanitizer ini adalah tukang becak, tenaga kebersihan jalan, pejalan kaki dan pengendara sepeda motor maupun mobil, yang belum memakai masker,” terang dia lagi.

Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ini menambahkan, selain membagikan dua barang itu, pihaknya juga menyampaikan imbauan pada pengendara motor, agar menaati aturan berlalu lintas. Petugas juga mengimbau untuk mematuhi maklumat Kapolri, agar segera kembali ke rumahnya bila keperluan telah selesai.

”Kita imbau masyarakat untuk selalu menaati peraturan lalu lintas. Jika tidak ada keperluan mendesak, maka kita minta mereka untuk tetap tinggal di rumah. Kalau harus keluar rumah, kami harap untuk memakai masker dan pelindung diri, agar tidak terkena virus Corona,” ujarnya, didampingi Kasatlantas AKP Sumpening.

Yon-Riyan