blank
ilustrasi. foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Air merupakan kebutuhan utama dalam tubuh manusia sehingga sangat penting untuk tubuh manusia. Tanpa air makhluk hidup pun tidak mungkin bisa berkembang. Sejatinya setiap membutuhkan setidaknya minimal 2 liter air atau sama dengan 8 gelas per hari supaya manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh.

Pada dasarnya, sebagian besar komponen penyusun tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, penting untuk selalu mencukupi asupan cairan tubuh sebaik mungkin, salah satu caranya adalah dengan minum air putih yang cukup.

Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Menjaga kesegaran kulit. Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Makanan Yang Ada Saat Lebaran, Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Tape Ketan Bagi Tubuh

Kemudian, ginjal mempunyai fungsi dalam tubuh manusia yakni membersihkan racun dan mengeluarkan kotoran dari darah.

Dilansir dari Suara.com selain itu, ginjal pun mempunyai fungsi dalam mempertahankan volume cairan tubuh, mengeluarkan hormon membantu produksi sel darah merah. Maka dari itu, ginjal mempunyai fungsi utama dalam mengatur tekanan darah tubuh manusia.

Organ ginjal pun membutuhkan air putih yang cukup dalam membantu proses kerja ginjal supaya dapat berfungsi dengan baik dalam tubuh manusia. Yang menjadi salah satu penyebab seseorang terkena gagal ginjal adalah kurangnya mengonsumsi air putih dan aktivitas fisik seperti jarang olahraga.

Baca Juga: Manfaat Buah Duku bagi Tubuh, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Seperti dilansir dari herminahospitals, berikut ini adalah beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan ginjal.

1. Menggantikan cairan yang keluar dari tubuh

Guna menjaga kadar air dalam tubuh seimbang harus melakukan sebuah usaha. Apalagi tubuh mempunyai banyak cara dalam mengeluarkan air dalam tubuh, mulai dari mengeluarkan keringat dan membuangnya melalui urine.

2. Mengatur suhu tubuh

Saat kadar air dalam tubuh terlalu sedikit, maka penyimpanan panas akan meningkat dan air dalam tubuh pun bisa mengurangi ketegangan fisik. Kemudian, air disimpan dalam lapisan tengah kulit yang muncul pada permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh panas dan menimbulkan efek dehidrasi.

Pada saat tubuh mengalami dehidrasi, maka akan membatasi alur napas secara alami dan mengurangi tubuh yang kekurangan cairan.

3. Cegah penyakit batu ginjal

Jika mengonsumsi jumlah kadar air yang cukup pada tubuh dalam sehari dapat membantu dalam mencegah penyakit batu ginjal. Dengan begitu, ginjal dapat bekerja normal dengan baik dalam memproses pembuangan racun yang berbahaya bagi tubuh.

Demikianlah tadi beberapa informasi terkait manfaat meminum air putih bagi kesehatan ginjal. Semoga bermanfaat.

Claudia