blank
Tape ketan hijau. Foto: Tangkapan layar Youtube Arina Ulfa

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tape ketan jadi salah satu jenis makanan yang sering dijadikan suguhan untuk tamu di rumah saat perayaan hari raya lebaran. Tape ketan diperoleh dengan cara mengukus bahan mentah yaitu beras ketan, diinokulasikan dengan ragi tape kemudian disimpan pada suhu ruang dalam jangka waktu tertentu.

Proses pembuatan tape melibatkan proses fermentasi yang dilakukan oleh khamir Saccharomyces cerivisiae.  Tape dapat dibuat dengan bahan dasar beras ketan atau singkong. Rasanya unik dan khas dengan rasa manis asam. Dalam proses fermentasi, tape menghasilkan zat-zat baru di antaranya alkohol yang membuat rasa tape tersebut menjadi asam.

Citarasa tape ketan terbilang cukup unik, yakni perpaduan rasa manis asam dan memiliki tekstur yang lembut saat dimakan. Tidak heran kudapan trandisional satu ini seringkali disuguhkan saat perayaan-perayaan tertentu. Salah satunya adalah perayaan hari raya idul fitri.

Baca Juga: Manfaat Buah Duku bagi Tubuh, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Dilansir dari Suara.com namun, tahukah kamu ternyata tape ketan memiliki banyak manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara teratur dan dengan jumlah yang dianjurkan?

Beragam manfaat itu muncul saat beras ketan sendiri mengalami proses fermentasi yang mengubah kandungan di dalam beras tersebut. Berikut ini 3 manfaat mengonsumsi tape ketan bagi tubuh.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Melansir dari laman halodoc.com, tape ketan yang kaya dengan bakteri probiotik ternyata baik untuk melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan selama proses fermentasi, bakteri probiotik muncul saat proses tersebut dan membuat tape juga menjadi memiliki citarasa asam.

Baca Juga: Ini Manfaat Puasa bagi Penderita Hipertensi, Simak!

Bakteri probiotik sendiri memang dikenal sebagai salah satu jenis bakteri yang berperan aktif dalam melancarkan sistem pencernaan. Bakteri tersebut mampu membantu kinerja usus untuk mencerna makanan dan mengurangi risiko terjadinya sembelit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi tape ketan secara teratur ternyata juga dapat menyehatkan kinerja jantung. Melansir dari artikel berjudul “Black Rice: Health Benefits, Nutrition, and Uses”, beberapa jenis tape, khususnya tape ketan hitam memiliki kandungan antosianin di dalamnya yang dapat berperan aktif dalam menjaga sel-sel dari kerusakan.

Antosianin sendiri adalah pemberi pigmen alami pada makanan yang dapat menjaga sistem kardiovaskular pada peredaran darah. Selain itu, senyawa ini juga membantu mengurangi pengaruh dari kolestrol jahat yang terdapat pada peredaran darah.

Baca Juga: Tak Hanya Sebagai Pelengkap Minuman, Ini Lima Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan Tubuh

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Kendati memiliki citarasa manis cenderung asam, tape ketan ternyata juga baik untui mengontrol gula darah dan menurunkan risiko diabetes. Hal tersebut dikarenakan kandungan flavonoid yang terdapat pada beras ketan yang telah difermentasikan dapat mempengaruhi kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

Selain itu, senyawa ini juga bisa membantu tubuh menjadi lebih sensitive terhadap kadar gula dan mampu merangsang tubuh untuk mengolah kadar gula tersebut menjadi lebih baik.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi tape ketan bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia