blank
Glen Fredly dalam kenangan. Berfoto mesra dan diunggah di instagram bersama istrinya, Glen saat nyanyi, dan ucapan bela sungkawa buat Glen. Foto: Ist-wied

BLANTIKA musik Indonesia terhenyak. Glenn Fredly, salah satu musikus ternama kita meninggal dunia, Rabu (8/4/2020) di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan. Banyak, bahkan sangat banyak yang merasa kehilangan atas kepergian Glenn. Bukan hanya isteri yang baru melahirkan anaknya yang pertama 40 hari yang lalu.

Glenn Fredly mulai dikenal di blantika musik tanah air sejak tahun 1994 dengan bergabung pada grup band Funk Section. Saat itu, dia baru saja lulus SMA. Pada 1997, Glenn Fredly mengeluarkan album solo perdananya bertajuk Glenn. Di tahun 2000, album Salam Bagi Sahabat yang dibawanya dikenal penikmat musik di Tanah Air.

Lagu Salam Bagi Sahabat dan Kasih Putih menjadi hits kala itu. Tahun 2003, Glenn kembali merilis album dengan judul Selamat Pagi Dunia. Di album ini, lagu hits berjudul Januari meledak di pasaran.

Perjalanan karirnya terus melesat. Tahun 2005 Glenn ditawari untuk membuat satu buah album sebagai soundtrack dari film baru Cinta Silver dengan hitsnya Kisah Romantis.

Satu tahun kemudian Glenn mengeluarkan album lagi sebagai penghargaan dan rasa hormatnya kepada musisi-musisi terdahulu, bertajuk Aku & Wanita. Pada tahun yang sama Glenn meluncurkan album ketujuh dengan judul Terang yang merupakan album rohani dan dikeluarkan pada Natal 2006.

Bagai tak pernah henti, tahun 2007 Glenn kembali mengeluarkan album baru bertajuk Happy Sunday. Dirinya mengklaim saar itu bahwa album ini sebagai wahana dalam memancarkan spirit baru memandang kehidupan secara global melalui media musik.

Album terakhir yang dibuat sebelum ia meninggal yakni Romansa ke Depan yang dirilis pada November 2019 lalu. Saat peluncuran album tersebut, pria yang lahir pada 30 September 1975 silam, mengungkapkan album ini ditujukan untuk menemukan titik agar ia bisa mengeluarkan karya.

“Sembilan tahun gua enggak ngerjain album, terakhir itu 2010. Mulai dari 2010 itu sempat berpikir bikin apa? Jadi lebih mencari ruang buat diri gue sendiri, di mana menemukan titik biar gue bisa mengeluarkan karya,” kata Glenn Fredly, saat itu.

blank
Glenn saat menikahi Mutia Ayu pada 2019 lalu. Foto : IG Glenn Fredly.

Rencana Konser

Pria bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini pernah menggelar beberapa konser. Di antaranya, konser amal bertajuk Soul For Indonesian Earth, sebagai penghargaan akan bumi, pada tanggal 7 Juli 2007.

Rencananya, tahun 2020 ini menjadi tahun Glenn Fredly mengadakan konser 25 tahun berkarya dengan keliling Indonesia. Rencananya, beberapa kota di Indonesia Timur akan disambangi ayah dari Gewa Atlanta Syamayim Latuihamallo untuk konser tersebut. Sayangnya, sebelum konser ini diadakan, Tuhan berkehendak lain.

Bayi Berusia 40 Hari

Dalam urusan cinta, Glenn sempat gagal dua kali. Ia pernah berpacaran hampir 10 tahun dengan salah satu personel AB Three, Riafnola. Namun, hubungan mereka kandas akibat perbedaan keyakinan di antara keduanya.

Gagal duduk di pelaminan bersama Nola, Glenn sempat menikah dengan Dewi Sandra. Hanya saja, pernikahan mereka tidak bertahan lama. Pria asal Ambon ini kemudian pernah digosipkan berpacaran dengan beberapa perempuan. Namun, setelah 10 tahun menduda, Glenn Fredly menambatkan hatinya pada penyanyi dangdut Mutia Ayu.

Pernikahan mereka dilakukan secara tertutup pada 2019 dan kini mereka dikaruniai seorang anak bernama Gewa yang dilahirkan 40 hari lalu. Dalam postingan terakhirnya, empat hari silam di akun instagramnya, Glenn sempat mengucapkan selamat ulang tahun untuk istrinya. Disisipi dengan sebuah ayat Alkitab, Glenn berharap istrinya juga menjadi istri yang selalu takut akan Tuhan.

Sementara pada akun Instagram Mutia Ayu, 16 jam lalu, foto Glenn berpelukan dengan istrinya terlihat jelas. Terlihat dalam unggahan itu tubuh Glenn yang kurus. Postingannya itu ditunjukkan untuk Gewa, anak semata wayang mereka yang baru saja ia lahirkan 40 hari lalu.

Glenn meninggal di usia 44 tahun di RS Setia Pratama Jakarta. Dikabarkan, Glenn meninggal karena penyakit meningitis yang dideritanya. Selamat jalan, Glenn. Tuhan sangat mengasihimu, dan pasti sudah menyediakan tempat terbaik untukmu. Kini, kami hanya bisa mengenangkan karya-karyamu…

Hana Eswe