CUCI TANGAN: Para anggota Polres Blora, mempraktikan cara mencuci tangan yang baik dan benar, pada murid-murid sekolah. Foto: SB/Hms-Resbla

BLORA (SUARABARU.ID)– Salah satu wujud kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan masyarakat, Kepolisian Resor (Polres) Blora, menggelar aksi cuci tangan bersih.

Kampanye cuci tangan bersih itu dilakukan di masing masing Polsek, Kamis (12/3/2020), dengan melibatkan anggota TNI, Puskesmas dan instansi terkait lainnya.

Kegiatan itu dilakukan dengan mengajak masyarakat, khsusnya siswa agar membiasakan pola hidup sehat, dan salah satunya dengan mencuci tangan bersih.

BACA JUGA : Kelas Khusus Olahraga Coba Dibangkitkan Lagi oleh KONI Kota Semarang

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan menjelaskan, dengan pola hidup bersih, maka kesehatan masyarakat pun akan terjaga.

”Intinya, kami ingin mengajak masyarakat untuk berpola hidup sehat,” ucap AKBP Ferry.

Untuk aksi cuci tangan itu, Kapolres melibatkan seluruh jajarannya, bersinergi dengan instansi terkait, untuk saat ini dengan melakukan sosialisasi cuci tangan bersih.

Dari aksi kesehatan tersebut, petugas menyampaikan kepada masyarakat, tentang pentingnya cuci tangan, berpola hidup sehat melalui lingkungan yang bersih.

Aksi sehat cuci tangan ini, antara lain digelar di Polsek Japah, yang melibatkan Koramil dan Puskesmas setempat, sekaligus melakukan sosialisasi cuci tangan bersih di SDN 2 Japah.

SOSIALISASI: Selain program cuci tangan, juga dilakukan sosialisasi hidup bersih dan sehat. Foto: SB/Hms-Resbla

Diiringi Musik

Sosialisasi yang diikuti 135 siswa beserta guru itu, berjalan meriah dan menarik. Petugas gabungan melakukan sosialisasi cuci tangan diiringi alunan musik, sehingga terkesan lebih menarik.

”Biasakan selalu mencuci tangan pakai sabun dan menggunakan air yang mengalir,” ajak Kapolsek Japah, AKP Yulianto.

Kapolsek Japah menambahkan, ada enam langkah cara cuci tangan yang benar, yaitu mulai telapak tangan, lalu punggung tangan, sela-sela jari, kunci jari jari, putar ibu jari, dan kuku jari.

Kapolsek menegaskan, hal yang lebih penting dilakukan masyarakat adalah, tetap menjaga kebugaran badan dengan berolahraga, sehingga badan sehat dan tidak mudah sakit.

”Kami akan terus bersinergi dengan melakukan kampanye hidup sehat dengan cuci tangan, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat,” tandas AKP Yulianto.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 2 Japah Siti Sulasni, mengapresiasi kegiatan ini. ”Alhamdulillah, terima kasih kepada semua pihak. Ini sangat bermanfaat bagi siswa agar selalu menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Wahono-Riyan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini