blank
Pengurus PWI Jateng yang dipimpin Amir Machmud NS dan Panitia HPN melakukan audiensi dengan Pj Sekda Jateng yang juga dihadiri Asisten Bidang Kesra Sarwa Pramana, Kepala Bappeda Prasetyo Aribowo, Kepala Diskominfo Riena Retnaningrum. Foto: Agus Supriyanto

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penjabat Sekda Jateng Herru Setiadhie meminta, rangkaian puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jateng di Kudus, ada kegiatan bakti sosial bedah rumah dan pembagian bibit tanaman pekarangan untuk warga.

Hal itu disampaikan Herru ketika menerima Pengurus PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Jateng di kantor gubernur Jalan pahlawan, Jumat (6/3). Pj Sekda Herru Setiadi didampingi Asisten Bidang Kesra Sarwa Prama, Kepala Bappeda Prasetyo Aribowo, Kepala Dinas Kominfo Riena Retnaningrum, dan Kepala Bidang TIK Diskominfo Jateng Setyo Irawan.

blank
Pj Sekda Jateng Herru Setiadhie.

Sedangkan rombongan PWI Jateng dipimpin Ketua Amir Machmud NU, bersama Sekretaris Isdiyanto, Ketua Panitia HPN 2020 Widiyartono R, Sekretaris HPN Intan Hidayat, dan pengurus lain Setyawan Hendra Kelana serta Agus Supriyanto.

Pj Sekda mengingatkan, agar dalam rangkaian kegiatan HPN di Kudus itu juga diisi dengan kegiatan bakti sosial. Disebutnya, kegiatan bakti sosial yang bisa diadakan dengan dukungan Dinas Sosial Provinsi Jateng misalnya bedah rumah tak layak huni, kemudian Dinas Perkebunan bisa mendukung dengan pembagian tanaman pekarangan seperti tanam buah.

“Sebenarnya bisa dilakukan penanaman pohon di kawasan Muria, tetapi mengingat pelaksanaan bulan April, dan hujan sudah mulai jarang turun, maka dikhawatirkan tanaman akan mati. Maka, pembagian bibit tanaman pekarangan bisa menggantikannya,” kata Herru Setiadhie.

Selain itu, Herru juga meminta ada kegiatan yang melibatkan anak sekolah, misalnya yang berkaitan dengan peningkatan literasi siswa. “Bahkan kalau mungkin diadakan lomba cerdas tangkas untuk siswa dengan materi utama tentang kebangsaan dan NKRI,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyampaikan terima kasih atas saran dan dukungan yang diberikan Pemprov jateng untuk kegiatan HPN 2020 di Kudus tersebut. “Kami akan koordinasikan langsung dengan Pemkab Kudus dan teman-teman panitia di Kudus untuk rencana kegiatan ini,” kata Amir Machmud.

Dalam kesempatan itu pula, Amir Machmud menyampaikan rencana kegiatan Uji Kompetensi Wartawan yang akan diselenggarakan PWI Jateng bersama Dinas Kominfo Pemprov Jateng pada tanggal 18-19 Maret 2020. “Pak Gubernur juga sudah menyatakan akan hadir dalam pembukaan UKW tersebut, mohon perkenan juga Pak Pj Sekda juga bisa hadir,” kata Amir.

Amir juga melaporkan kondisi gedung pertemuan PWI di Gedung Pers Jalan Trilomba Juang yang dalam keadaan rusak parah. “Kami melaporkan kepada Bapak, karena Gedung Pers merupakan aset Prmprov Jateng yang dipinjamkan ke PWI. Mohon agar perbaikan bisa segera dilakukan, karena kondisinya memang sangat memprihatinkan,” kata Amir.

Gedung pertemuan tersebut bisa menampung sekitar 80 orang, dan digunakan untuk berbagai kegiatan termasuk untuk kegiatan Uji Kompetensi Wartawan.

Tony RS