Di kota kelahirannya, Kabaharkam Polri, Komjen (Pol) Agus Andrianto, menggelar baksos Polri sekaligus bersilaturahmi dengan saudara, keluarga, teman, sahabat dan seluruh warga kabupaten Blora (Foto : SB/Wahono)

BLORA (SUARABARU.ID) – Lapangan Kridosono, Kota Blora, Jawa Tengah, Sabtu (15/2/2020), dipadati ribuan warga untuk mengikuti bakti sosial (baksos) Polri yang digelar di kabupaten yang berbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur itu.

Kedatangan masyarakat kabupaten penghasil kayu jati, selain terlibat baksos Polri bertemakan merajut kebhinekaan membangun kebersamaan guna mewujudkan Indonesia sehat, juga untuk bertemu jenderal polisi bintang tiga.

“Sambil olahraga pagi, saya ingin bertemu putera terbaik Blora, Pak Agus Andrianto,” ungkap Yasmin (57), warga Kelurahan Tempelan, Kecamatan Kota Blora.

Sama dengan Yasmin, Priyanto (38), warga Kelurahan Karangjati, sengaja datang ke lapangan Kridosono untuk melihat dari dekat Kabaharkam Polri Komjen (Pol) Agus Andrianto.

“Pak Agus asli Kelurahan Mlangsen, Kota Blora, sekarang jenderal bintang tiga, saya bangga ingin bisa melihat dari dekat dan salaman saja,” kata Priyanto.

Kegiatan bhaksos berlangsung aman dan lancar. Dalam bakti sosial Polri oleh Kabaharkam Polri Komjen (Pol) Agus Andrianto, hadir juga Kakorpolairud Irjen (Pol) Lotharia Latif, Kakorbinmas Irjen (Pol) Risyapudin Nursin dan Kakorsabhara Irjen (Pol) Bambang Ghiri.

Kabaharkam Polri, Komjen (Pol) Agus Andrianto, memberikan keterangan pers kepada wartawan dari berbagai media soal pemetaan kerawanan keamanan Pilkada serentak. (Foto : SB/Wahono)

Berobat Gratis

Selain itu hadir juga Karo Psikologi SSDM Polri Brigjen (Pol) Yudawan R, Karo PID Divhumas Polri Brigjen (Pol) Syahar Diantono, Dirbinpotmas Brigjen (Pol) Edy Murbowo dan pejabat utama Polri dan pejabat utama Polda Jateng.

Dalam bahksos Polri tersebut, dibagikan sembako gratis, pengobatan gratis, khitanan masal, pengecekan gula darah, pemeriksaan psikologi serta donor darah.

Bupati H.Djoko Nugroho, mengatakan pihaknya mewakili masyarakat kabupaten Blora mengucapkan terimakasih kepada markas besar (Mabes) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) beserta jajarannya dalam kgiatan bhaksos.

“Warga Blora bangga, putera daerahnya ada yang menjadi pejabat, bintang tiga di kepolisian, terimakasih kepada bapak Kabaharkam dan rombongan,” beber Bupati Djoko Nugroho.

Bupati berpesan kepada warganya yang menerima bantuan, agar setelah menerima bantuan paket sembako untuk keperluan keluarganya, untuk menambah kebutuhan rumah tangga, jangan dijual.

Sementara itu, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Agus Andrianto, SH, MH, mengatakan kedatangannya ke Blora membawa misi dari Kapolri Jendral Polisi Idzam Aziz.

Polri, katanya, mendukung penuh kebijakan Presiden Republik Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang sehat dan sejahtera, kebijakan yang harus didukung semua pihak.

“Kami mewakili Kapolri sebagai pembantu presiden, selain untuk silaturahmi, kegiatan ini juga untuk penguatan Harkamtibmas,” kata jenderal polisi bintang tiga kelahiran kota sate ini.

Menurut Agus, kesehatan dan kesejahteraan erat sekali dengan kemanan keteriban masyarakat (Kamtibmas), karena jika masyarakat sehat dan sejahtera,  maka situasi kamtibmas pun bisa kondusif.

“Maka Polri menggelar bakti sosial, selain untuk bersilaturahmi dengan saudara, keluarga, teman, sahabat dan seluruh warga kabupaten Blora,” tambahnya.

Kepolisian, lanjutnya, akan terus peduli kepada masyarakat, dan khususnya dalam hal kesehatan, Kabaharkam menjelaskan jika ada masyarakat Blora yang sakit dan tidak mampu untuk berobat sampaikan kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Biar institusi terkait dikoordinasikan dengan Rumah Sakit Bhayangkara terdekat, siapa saja warga Blora,” pesannya lagi.

Di tengah ribuan warga, salah satu ibu rumah tangga asal Jepon, Blora, Sulisrini,  mengaku senang dengan bakti sosial yang di gelar Kabaharkam tersebut, bisa berobat gratis dan mendapat sembako gratis.

Diberiatakan Jumat (14/2/2020), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar pada 23 September 2020. Untuk keperluan itu, jajaran Polri di seluruh daerah diminta untuk segera memetakan kerawanan keamanan di daerahnya.

Langkah pemetaan ini penting, sebab pada 23 September 2020 ini, akan digelar Pilkada serentak di 270 daerah, terdiri dari sembilan pemilihan gubernur, 224 pemilihan bupati, dan 37 pemilihan wali kota.

Pernyataan itu ditegaskan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kabaharkam Polri), Komjen (Pol) Agus Andrianto, di markas Batalyon 410/Alugoro, Blora.

Polisi dengan tiga bintang di pundak menyatakan pemetaan kerawanan keamanan Pilkada itu, saat melakukan kunjungan kerjanya di kota kelahirannya Blora, sekaligus untuk lebih memantabkan sinergitas NI-Polri.

Wahono/mm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here