blank
Kabaharkam Polri, Komjen (Pol) Agus Andrianto, memberikan keterangan pers kepada wartawan dari berbagai media soal pemetaan kerawanan keamanan Pilkada serentak. (Foto : SB/Ist)

BLORA (SUARABARU.ID) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar pada 23 September 2020. Untuk keperluan itu, jajaran Polri di seluruh daerah diminta untuk segera memetakan kerawanan keamanan di daerahnya.

Langkah pemetaan ini penting, sebab pada 23 September 2020 ini, akan digelar Pilkada serentak di 270 daerah, terdiri dari sembilan pemilihan Gubernur, 224 pemilihan bupati, dan 37 pemilihan wali kota.

“Jelang Pilakada serentak, jajaran Polri di daerah segera memetakan kerawanan keamanan,” tandas Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kabaharkam Polri), Komjen (Pol) Agus Andrianto.

Polisi dengan tiga bintang di pundak menyatakan pemetaan kerawanan keamanan Pilkada itu, saat melakukan kunjungan kerjanya di kota kelahirannya Blora, Jumat (14/2/2020), sekaligus untuk lebih memantabkan sinergitas NI-Polri.

Menurut Agus, dalam hal keperluan keamanan Pilkada bukanlah sebagai bentuk operasi terpusat, melainkan operasi kewilayahan, sehingga daerah sudah bisa menentukan daerah-daerah mana yang dinilai rawan.

Terkait sinergitas TNI-Polri, selama ini sudah terjalin sangat bagus, banyak kegiatan di masyarakat yang dihelat bersama, dan inilah wujud sinergitas yang akan terus ditingkatkan.

blank
Kunjungan pertama Kabaharkam Polri, Komjen (Pol) Agus Andrianto daerah kelahirannya, Kota Blora, bersilahturahmi dengan jajaran TNI di Batalyon Infanteri 410/Alugoro. (Foto : SB/Ist)

Melayani Masyarakat

Di kota sate, Agus Andrianto akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari, Jumat-Sabtu (14-15/02/2020). Kunjungan pertama Kabaharkam Polri, dilakukan di Batalyon 410/Alugoro.

Di Yonif 410/Alugoro, Kabaharkam beserta pejabat utama Polri dan pejabat utama Polda Jateng disambut Bupati H.Djoko Nugroho, Wabup H. Arief Rohman, Kapolres AKBP Antonius Anang serta Dandim Letkol (Inf) Ali Mahmudi.

Danyon Letkol (Inf) Loka Jaya Sembada, jajaran Forkompimda dan pejabat utama TNI-Polri setempat, juga mangayubagyo kunjungan kerja Agus Andrianto, dengan disambut Marching Band Canka Lokajaya 410/Alugoro.

Di Yonif 410/Alugoro, Kabaharkam menyerahkan tali asih dan alat olahraga, yakni sebagai wujud wujud sinergitas TNI Polri. “Semoga Sinergitas TNI Polri makin kuat, dan bisa melayani masyarakat lebih baik lagi,” ucap Kabaharkam.

Selain kunjungan di Yanif, Kabaharkam beserta rombongan akan melakukan bhakti sosial dan bakti kesehatan yang dipusatkan di lapangan Kridosono Blora, Jawa Tengah.

Bhaksos tersebut antara lain pembagian sembako gratis sekitar lima ribu paket untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu, pengobatan gratis, sunatan massal gratis, pemeriksaan psikologi dan donor darah.

Dalam pelayana kesahatan kepada masyarakat, juga dilakukan operasi katarak dan bibir sumbing. Jadi warga Blora yang sudah terdaftar akan ikut operasi di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Semarang.

“Terimakasih Kabaharkam Polri, Pak Agus beserta rombongan yang telah memberikan begitu banyak bantuan untuk warga Blora,” ungkap Bupati Djoko Nugroho.

Bupati Blora menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan terus menjalin sinergitas dan kemitraan bersama TNI-Polri untuk melayani masyarakat,

“Tentunya kami mewakili Pemkab, akan selalu menjalin sinergitas untuk memberi pelayanan terbaik pada masyarakat,” pungkas Bupati Blora, H. Djoko Nugroho.

Wahono/mm