blank
PENALTI: Tendangan penalti yang dilakukan Mohamed Salah, menjadikan Liverpool unggul 1-0 atas tim berjuluk The Hammers. Foto: dm

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Pemegang pucuk pimpinan klasemen sementara Liga Inggris, Liverpool, terus menapaki tangga juara. Pada laga tunda yang digelar di Stadion Olimpiade London, Kamis (30/1/2020) dini hari WIB, tuan rumah West Ham United harus menanggung malu usai dibekuk The Reds dengan skor 0-2.

Eksekusi penalti Mohamed Salah menit 35 dan sepakan Alex Oxlade-Chamberlain di babak kedua menit 52, menjadi penentu kemenangan yang membuat Liverpool kini mengumpulkan 70 poin, atau unggul 19 poin dari pesaing terdekatnya Manchester City (51).

BACA JUGA : Roger Federer Didenda Rp 40 Juta karena Memaki

Liverpool juga memperpanjang rentetan catatan tanpa kekalahan di Liga Inggris menjadi 41 pertandingan berturut-turut. Dengan demikian, pelatih Liverpool, Juergen Klopp telah melampaui rekor Jose Mourinho, yang pernah melewati 40 laga dengan hasil serupa, kala melatih Chelsea.

Tanpa Sadio Mane yang absen karena cedera, lini serang Liverpool tidak begitu seberbahaya biasanya. Tetapi Divock Origi yang dipercaya mengisi lubang kosong menjalankan perannya dengan baik, tendangan penalti yang diberikan pada menit 33 itu, berawal dari dijatuhkan Origi oleh Issa Diop.

blank
COCOR BOLA: Setelah mengecoh pemain belakang West Ham, Alex Oxlade-Chamberlain mencocorkan bola ke gawang yang dijaga Lukaz Fabianski. Foto: dm

Laga Berat
Terciptanya gol kedua juga tak kalah menariknya, bermula dari sebuah bangunan serangan balik sempurna, setelah sepak pojok berakhir dengan keputusan tidak egois Salah, dengan mengirimkan umpan untuk diakhiri tanpa cela oleh Oxlade-Chamberlain dalam posisi satu lawan satu, diakhiri gol. Liverpool pun unggul 2-0.

Alisson juga kembali membuktikan, harga mahal yang dikeluarkan untuk memboyongnya dari AS Roma tidak sia-sia, ketika dia melakukan aksi gemilang menghalau tandukan Declan Rice dari tendangan bebas pada menit 85, guna memastikan keunggulan Liverpool atas lawannya itu.

Usai laga Klopp mengaku, permainan timnya tidak sebagaimana mestinya. Jadwal ketat yang harus dijalaninya, menjadikannya timnya tidak bisa tampil maksimal. Ditambah dengan cederanya Sadio Mane, membuat lini serangnya tampil tidak seperti biasanya.

”Sebuah laga yang berat, karena padatnya jadwal yang harus kami jalani. Kami berharap bisa tampil lebih baik lagi di laga berikutnya,” ungkap Klopp.

Ant-Riyan