blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dosen Fakuktas Teknologi Informasi dan Komunikasi ( FTIK) Universitas Semarang (USM) memberikan materi Workshop Pemanfaatan VBA pada Excel untuk Pembuatan Aplikasi Desktop Sederhana Pembelajaran Matematika kepada siswa SMK 11 Semarang baru- baru ini.

Dosen FTIK USM tersebut antara lain Yulinda Kusumaningrum MPd, Safia Nuraisha MKom , dan Prind Tiajeng Pingkasanti MKom.

VBA ( Visual Basic for Application ) diajarkan kepada siswa kelas XI Jurusan Multimedia dan Animasi dengan tujuan meningkatkan kemampuan bagi siswa dalam memanfaatkan Visual Basic for Application pada aplikasi Microsoft Excel untuk membangun aplikasi desktop sederhana pembelajaran matematika.

blankMenurut Print Tiajeng Pungkasanti bahwa pemanfaatan aplikasi Microsoft Excel yang belum maksimal untuk membangun aplikasi desktop pembelajaran matematika” ungkapnya.

“Selama ini Microsoft Excel hanya dimanfaatkan untuk melakukan operasi perhitungan, membuat grafik, laporan keuangan, dan beberapa fungsi standar lainnya, Selain itu Microsoft Excel memiliki sebuah fungsi yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop, yaitu dengan menggunakan Visual Basic for Application pada Excel” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Siswa SMK membutuhkan pelatihan Visual Basic for Application(VBA) pada Microsoft Excel untuk meningkatkan skill programming, selain itu VBA termasuk mudah untuk diimplementasikan, dapat menghasilkan aplikasi desktop yang tidak kalah baik dibandingkan dengan menggunakan platform sejenis lainnya seperti membuat aplikasi kallkulator, selain itu banyak fungsi yang masih jarang digunakan sehingga masih banyak peluang untuk melakukan penelitian dengan menggunakan VBA.

USM-wahyu