blank
Salah satu pementasan dalam malam final Festival Teater Pelajar 2019. foto:Ist/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) Teater Bobot dari SMP 1 Kudus dan Teater Patas dari SMA 1 Bae memborong penghargaan dalam final Festival Teater Pelajar (FTP) 2019, di GOR Djarum Kaliputu. Selain masing-masing menyabet penghargaan sebagai teater terbaik di kategori tingkatan sekolah, kedua teater ini juga memborong berbagai kategori penghargaan yang ada.

Kategori penghargaan yang diraih Teater Bobot SMP 1 Kudus dengan naskah berjudul Anak Rantau karya Dian Tri Lestari ini diantaranya sutradara terbaik (Sugiarto),  Aktor Utama  Terbaik    (Rizal Adiyatma Chabibi),  Aktris Utama  Terbaik (Leony Maharani Dewi),  Aktris Pendukung  Terbaik  ( Dea Alya Faradiba), Penata Set Panggung dan Lampu Terbaik (Andy Prasetyo),  Penata Rias dan Busana Terbaik   (Noor Hidayati) dan Penata Musik Terbaik  (Eko Purnomo).

Satu-satunya penghargaan yang lepas hanyalah Aktor Pendukung  Terbaik yang diraih Nabil Dwi Gusna Putra dari Teater Essaka SMP 1 Kaliwungu.

Sementara gelar Teater Terbaik 2  jatuh ke Teater Waringin (SMP 3 Dawe), terbaik ketiga Taeter Essaka (SMP1 Kaliwungu) dan yang terakhir untuk gelar Terbaik 4    jatih ke Teater Ukur (MTs Nu Masiakul Falah).

Di tingkat SMA, dominasi Teater Patas SMA 1 Bae juga terjadi. Teater yang menampilkan lakon Anak Rantau ini juga meraih berbagai penghargaan diantaranya Sutradara Terbaik (Dian Novita Elly), Aktor Utama  Terbaik   ( Ersa Afnalda),  Aktris Utama  Terbaik  (Nala Izzul Muna),  Aktor Pendukung  Terbaik (Yahya Khoirul Amri), Aktris Pendukung  Terbaik  (Grahita Debora Rachelia)  (SMA 1 Bae), Penata Rias dan Busana Terbaik   (Silfia Rohmatul Nikmah) dan Penata Musik Terbaik  (Revito Rizky Atmaja Kusuma).

Untuk kategori teater terbaik 2 jatuh pada Teater Jangkar Bumi (MA Qudsiyyah), Terbaik 3 diraih Teater Sage (SMA 1 Gebog)  dan terbaik 4 jatuh pada Teater Muara (MA Darul Ulum).

Festival Teater Pelajar 2019 merupakan edisi ke 12 kalinya yang diselenggarakan oleh Teater Djarum bersama Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus. Di tahun ini, hadir sebagai juri adalah pegiat seni kenamaan seperti Iswadi Pratama, teaterawan dari Lampung, Putri Ayudya, aktris teater dan film, dan Yogiswara Manitis Aji,  teaterawan dari Solo Raya.

“Festival Teater Pelajar telah menjadi sebuah kegiatan rutin, serta wadah bagi para pelajar di Kudus untuk mengembangkan diri sesuai minat dan bakat yang mereka miliki,” Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

blank
Penampilan Teater Essaka yang menurunkan lakon Puputan Margarana. foto: Ist/Suarabaru.id

Putri Ayunda selaku juri di FTP 2019 ini mengungkapkan kegembiraannya melihat penampilan dan juga antusiasme para peserta FTP yang sangat bergelora. Di usia masih muda, para peserta telah menampilkan bakat yang luar biasa dalam dunia seni pertunjukan khususnya teater.

“Semoga FTP dapat menjadi awal dari perjalanan karir para peserta FTP di dunia seni pertunjukan agar ke depannya semakin banyak generasi muda yang ikut memajukan dunia seni pertunjukan di Indonesia,”tandasnya.

Tm/Ab

Berikut adalah daftar pemenang Festival Teater Pelajar 2019 Tingkat SMP:

 

Kategori Pemenang
Teater Terbaik 1 Bobot (SMP 1 Kudus)
Teater Terbaik 2 Waringin (SMP 3 Dawe)
Teater Terbaik 3 Essaka (SMP1 Kaliwungu)
Teater Terbaik 4 Ukur (MTs Nu Masiakul Falah)
Sutradara Terbaik Sugiarto (SMP 1 Kudus)
Aktor Utama  Terbaik Rizal Adiyatma Chabibi (SMP 1 Kudus)
Aktris Utama  Terbaik Leony Maharani Dewi (SMP 1 Kudus)
Aktor Pendukung  Terbaik Nabil Dwi Gusna Putra (SMP 1 Kaliwungu)
Aktris Pendukung  Terbaik Dea Alya Faradiba (SMP 1 Kudus)
Penata Set Panggung dan Lampu Terbaik Andy Prasetyo, S.P (SMP 1 Kudus)
Penata Rias dan Busana Terbaik Noor Hidayati, S.Pd (SMP 1 Kudus)
Penata Musik Terbaik Eko Purnomo, M.Pd (SMP 1 Kudus)

 

 

Berikut adalah daftar pemenang Festival Teater Pelajar 2019 Tingkat SMA:

 

Kategori Pemenang
Teater Terbaik 1 Patas (SMA 1 Bae)
Teater Terbaik 2 Jangkar Bumi (MA Qudsiyyah)
Teater Terbaik 3 Sage (SMA 1 Gebog)
Teater Terbaik 4 Muara (MA Darul Ulum)
Sutradara Terbaik Dian Novita Elly, S.pd (SMA 1 Bae)
Aktor Utama  Terbaik Ersa Afnalda (SMA 1 Bae)
Aktris Utama  Terbaik Nala Izzul Muna (SMA 1 Bae)
Aktor Pendukung  Terbaik Yahya Khoirul Amri (SMA 1 Bae)
Aktris Pendukung  Terbaik Grahita Debora Rachelia (SMA 1 Bae)
Penata Set Panggung dan Lampu Terbaik Muhammad Miftakhul Afif (MA Darul Ulum)
Penata Rias dan Busana Terbaik Silfia Rohmatul Nikmah (SMA 1 Bae)
Penata Musik Terbaik Revito Rizky Atmaja Kusuma (SMA 1 Bae)