blank
FOTO BERSAMA: Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna diapit Komandan Kadiklatau Marsekal Muda TNI Tatang Hariyansyah dan Danlanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P Damanik usai pelantikan 240 perwira baru Setukpa Angkatan 22 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Jumat (22/11). (suarabaru.id/lbc)
KARANGANYAR, SUARABARU.ID – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, melantik 240 perwira baru pada upacara pelantikan dan pengambilan sumpah perwira siswa Setukpa Angkatan ke-22 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Jumat (22/11).

“Setukpa adalah pendidikan mental dari seorang bintara menjadi perwira yang mumpuni, sesuai dengan korps dan profesi masing-masing,” kata Yuyu Sutisna, di sela-sela pelantikan.‎
Kasau menegaskan, para mantan siswa Setukpa yang dilantik, sebelumnya telah mengikuti pendidikan selama delapan bulan di Skadron Pendidikan (Skadik) 401 Lanud Adi Soemarmo. Secara keseluruhan, perwira baru ini terdiri dari 221 prajurit pria dan 19 sisanya merupakan Wanita Angkatan Udara (Wara).
“Yang terpilih ‎sebagai lulusan terbaik Setukpa ke-22 adalah Letda (Adm) Nanang Yulianto,” ujarnya.
blank
Letda ‎Nanang merupakan perwira kelahiran Sragen, Jawa Tengah, 7 Juli 1977. Ia berasal dari kesatuan staf administrasi asisten perencanaan (Smin Asrena) KSAU.
‎KSAU menambahkan saat ini kebutuhan perwira cukup banyak. Hal ini untuk menyambut alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang akan datang.
“Tahun in‎i kita lantik 240, tahun depan kita akan lantik 350 perwira baru (dari Setukpa),” ucap Yuyu.
Menurutnya, pada masa mendatang akan banyak alutsista yang didatangkan. Alutsista tersebut, menurutnya, membutuhkan perwira-perwira dengan strata tertentu.
Sebelum upacara pelantikan dan pengambilan sumpah perwira Setukpa angkatan ke-22 ini, telah dilaksanakan penutupan pendidikan Setukpa A-22 tanggal 21 November 2019, yang ditutup Komandan Kodiklatau Marsekal Muda TNI Tatang Hadiyansyah di Skadik 401 Lanud Adi Soemarmo.
Suarabaru.id/LBC