blank
Toni Kroos/dok

MOENCHENGLADBACH – Gelandang Jerman Toni Kroos menegaskan negaranya bukanlah unggulan pada Piala Eropa 2020. Menurut dia, Der Panzer saat ini dihuni banyak pemain muda dan minim pengalaman. “Secara prospek, tim kami bekerja lebih baik, dan lebih baik lagi,” tutur Kroos.

Ini untuk kali ke-13 Tim Panser menembus putaran final Euro selepas membekap Belarusia 4-0 pada laga ketujuh Grup C di Borussia-Park, Minggu (17/11) dini hari WIB. Kroos menyumbang dua gol. Dua gol lagi dihasilkan Matthias Ginter dan Leon Goretzka. Kroos menjadi satu dari segelintir pemain peraih Piala Dunia 2014 yang masih ada di skuad saat ini. Cuma dia dan kiper Manuel Neuer sosok senior yang kini masih diandalkan Joachim Loew.

Sementara itu, Loew memuji Ginter yang bermain mengesankan. ”Dia agak diremehkan. Dia selalu tampil baik untuk tim. Saya tahu apa yang bisa saya harapkan darinya,” ungkap Loew.

Dia menyebut bek tengah itu solid dan memiliki bola pertama yang sangat bagus di luar pertahanan. Ginter juga berkembang  secara defensif, tenang, dan bisa diandalkan. ”Yang penting bagi seorang pelatih, dia tidak mengalami banyak pasang surut. Saya ikut bahagia untuk Matthias. Gol yang dicetaknya sangat indah,” jelas penerus Juergen Klinsmann ini.

Setelah mendepak Jerome Boateng dan Mats Hummels, Loew memang butuh pengganti yang setara. Harapan itu mulai menemui titik terang selepas penampilan bagus Ginter dan tandemnya, Niklas Suele. Suele absen lawan Belarusia lantaran masih cedera. (rr)