blank
Ousmane Dembele/dok

BARCELONA – Untuk mengejar posisi tertinggi pada Grup F, Barcelona akan mati-matian demi memburu kemenangan dalam laga keempat Liga Champions melawan Slavia Praha di Camp Nou, Rabu (6/11) dini hari WIB. Pada pertemuan dua pekan lalu, Barca menundukkan juara Republik Ceko itu dengan skor 2-1. La Blaugrana kembali ingin meraih tiga poin dalam duel di hadapan ribuan suporternya.

”Kami harus belajar pada pertandingan pertama. Ketika kami kehilangan bola, mereka langsung menekan balik,” ujar Pelatih Barca Ernesto Valverde. Selain mengantisipasi permainan lawan, dia meminta timnya lebih baik dalam penyelesaian akhir. Pada duel di Praha, beberapa peluang bersih Lionel Messi dan kolega terbuang percuma.

Tanpa striker Luis Suarez yang cedera, Valverde bakal memasukkan Ousmane Dembele. Winger muda Prancis itu disiapkan mengisi posisi sayap kiri. Messi tetap bermanuver di sisi kanan. Posisi penyerang tengah akan dipercayakan pada Antoine Griezmann.

Jika tampil normal, tak sulit buat Los Cules untuk memetik kemenangan. Namun, musim ini performa Los Azulgrana belum 100 persen stabil. Di LaLiga, akhir pekan lalu, mereka dipermalukan Levante 1-3. Inkonsistensi ini bisa berbahaya jika dibiarkan. Bahkan, kalau Barca mendapat hasil buruk lagi, bukan tidak mungkin Valverde bakal out.

Di kubu Slavia, pelatih Jindrich Trpisovsky ingin skuadnya bermain lebih militan. Strategi pressing tinggi tampaknya bakal jadi tumpuan. Si Merah-Putih dikenal sebagai tim yang mengandalkan fisik. The Red and Whites tampil impresif saat menahan Inter Milan 1-1, tapi kemudian ditaklukkan Borussia Dortmund dan La Blaugrana. (rr)