blank
Niko Kovac/dok

MUNICH – Niko Kovac akhirnya terdepak dari jabatannya sebagai pelatih kepala Bayern Munich. Pria asal Kroasia itu diberhentikan lantaran awal yang tak meyakinkan pada musim 2019-2020. Posisi pelatih interim sekarang dijabat Hans-Dieter Flick. Untuk pengganti Kovac, Massimiliano Allegri menjadi favorit.

Manajemen kehilangan kesabaran setelah Die Roten dipukul Eintracht Frankfurt 1-5 pada lanjutan Bundesliga, akhir pekan lalu. Itu merupakan kekalahan kedua Si Merah di Liga Jerman musim ini. Manuel Neuer dan kolega saat ini menduduki posisi keempat dengan 18 poin dari 10 laga. Bayern tertinggal empat angka dari pimpinan klasemen Borussia Moenchengladbach.

Allegri (52) dibidik karena sedang menganggur. Dia pisah jalan dengan Juventus pada akhir musim lalu. Meski tak mau buru-buru kembali melatih, peluang Allegri ke Munich memang terbuka. Problem terbesar bagi dia adalah soal bahasa.

Allegri menangani Juve selama lima musim. Dia membawa Bianconeri juara Seri A Liga Italia dalam lima tahun plus memenangi empat titel Coppa Italia, dan dua gelar Piala Super Italia. Di Liga Champions, dia dua kali menjejak final bareng Si Kuda Zebra.

Sebelum mendapatkan pelatih kepala definitif, Hollywood FC ditukangi Flick. Pria yang akrab disapa Hansi itu sebelumnya merupakan asisten Kovac terhitung musim ini. Hansi pernah mendampingi Joachim Loew di tim nasional Jerman dari 2006 hingga 2014. Dia meninggalkan Die Mannschaft selepas memenangi Piala Dunia 2014. (rr)