blank

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP (Foto:SB/Tuhu)

KOTA MUNGKID – Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP pagi ini (15/10) menerima penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta. Penghargaan itu diberikan melalui proses kompetisi seluruh lembaga negara, kementerian, kabupaten/kota se Indonesia.

“Untuk tingkat kabupaten/kota sudah dikompetisikan di tingkat provinsi masing-masing. Kalau tidak keliru, yang lolos ke tingkat nasional sekitar tiga ribuan lebih proposal,” kata Bupati Zaenal.

Yang diunggulkan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, adalah Paseso, singkatan dari paseduluran ndeso. Yakni konsep manajemen pengungsian yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Baik masyarakat pengungsi yang dilayani maupun melayani, yakni penyelenggara penanggulangan bencana yaitu pemerintah.

Keunggulan konsep ini, adalah masyarakat yang berpotensi terdampak bencana sudah mengetahui akan mengungsi kemana. Demikian halnya, desa tujuan pengungsian, sudah  mengetahui akan ada saudaranya yang mengungsi ke situ.

Sehingga segala sesuatunya bisa direncanakan dan dirancang dengan baik .Dengan demikian masyarakat korban bencana lebih terlayani dengan baik pula.

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP memiliki komitmen kuat untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat dari potensi ancaman bencana yg ada.

“Seperti apapun keberhasilan pembangunan apabila terjadi bencana, maka semuanya akan musnah. Oleh karena itu penguatan penanggulangan bencana menjadi prioritas,” tambah Wabup Magelang Edi Cahyana SE. (Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)