blank
SIMBOLIS: Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati (empat dari kanan), secara simbolis langsung menyerahkan bantuan satu unit truk tangki air kepada (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Sugeng Priyono. Foto: dok/ist

SEMARANG- Bencana kekeringan yang terjadi di berbagai wilayah, membuat Bank Jateng ikut peduli untuk memikirkan hal itu. Dan kepedulian itu diberikannya dalam bentuk bantuan berupa satu unit truk tangki air, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen.

Truk tangki air senilai Rp 407,9 juta itu, diserahkan Pemimpin Cabang Koordinator Surakarta, Aris Setiyawan, didampingi Pemimpin Cabang Bank Jateng Sragen Retno Tri Wulandari, yang diterima Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Dedy Endriyatno, pada Selasa (27/8) lalu.

Bantuan kemanusiaan itu diserahkan sebelum acara Karnaval Pembangunan, yang digelar di Jalan Sukowati, dan disaksikan puluhan ribu warga masyarakat Sragen. Setelah menerima bantuan itu, Bupati secara simbolis langsung menyerahkannya kepada Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Sugeng Priyono, disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Tatag Prabawanto, yang juga menjabat sebagai Kepala BPBD Sragen.

Turut hadir dalam acara itu, unsur-unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Kapolres AKBP Yimmy Kurniawan, Dandim 0725/Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto, Kajari Syarief Sulaeman Nahdi, dan Kepala Pengadilan Negeri (PN) Ahmad Yasin.

Aris Setiyawan mengatakan, bantuan itu diberikan dalam rangka mendukung kegiatan Pemkab Sragen, terhadap penanganan kedaruratan bencana. Selain peningkatan pelayanan kepada masyarakat terutama penanganan dampak kekeringan di Kabupaten Sragen, juga mengoptimalkan kebutuhan air bagi masyarakat di Kabupaten Sragen.

 

36 Desa

“Dengan pemberian bantuan truk tangki air ini, diharapkan akan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama untuk dampak kekeringan dan kedaruratan bencana di Sragen,” terang Aris lagi.

Sementara itu, Bupati Yuni Sukowati mengucapkan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan Bank Jateng itu. Apalagi saat ini memasuki musim kemarau, sehingga dapat dipergunakan untuk mengirim bantuan air bersih ke desa-desa yang membutuhkan. “Terima kasih atas bantuan dari Bank Jateng, truk tangki air ini akan sangat berguna sekali bagimasyarakat yang membutuhkan,” imbuh Yuni.

Berdasarkan data yang ada, setidaknya ada 36 desa di tujuh recamatan yang terdampak kekeringan di wilayah Sragen. Tujuh wilayah itu seperti Kecamatan Gesi, Tangen, Sukodono, Mondokan, Jenar, Miri dan Sumberlawang. Akibat dampak kekeringan itu, membuat masyarakat yang terdampak, mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

suarabaru.id/Riyan