blank
Kelompok Paskibra SMPN 1 Purwodadi menjadi pembuka dalam karnaval budaya tingkat TK-SMP se Kecamatan Purwodadi, Senin (19/8). Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Rangkaian peringatan HUT ke 74 RI di Kabupaten Grobogan belum berakhir. Sejumlah kecamatan melakukan kegiatan karnaval budaya, termasuk di Kecamatan Purwodadi.

Di ibukota Kabupaten Grobogan tersebut, sebanyak 82 kelompok, masing-masing dari tingkat TK, SD dan SMP ikut serta dalam pelaksanaan kirab budaya. Kelompok ini menunjukkan aksinya di depan Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta jajarannya dan ribuan warga.

Sebagai pembuka, Sri Sumarni melepas rombongan karnaval di garis start yakni di depan Gedung BPPKAD Kabupaten Grobogan, Jalan S. Parman, Senin (19/8). Barisan pertama peserta karnaval yakni SMPN 1 Purwodadi yang diikuti ratusan siswa.

Berbagai ornamen dipertunjukkan para pelajar sekolah tersebut, seperti Paskibra, grup marching band, grup tari tradisional, karawitan, kerohanian, bank sampah, kelompok literasi hingga grup band. Meski cuaca panas, namun tidak melunturkan semangat mereka dalam mengikuti karnaval ini.

blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni menyapa peserta karnaval yang tengah unjuk gigi di hadapan masyarakat dan tamu undangan. Foto: Hana Eswe.

Kegiatan karnaval ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat sekitar. Yanto, misalnya. Pria yang tinggal di Purwodadi ini mengungkapkan keberuntungan kedua anaknya mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, kegiatan ini sangat positif dalam rangka membangun jiwa patriotisme pada anak-anak sejak dini.

“Saat ini, teknologi terus berkembang sehingga membuat sebagian anak-anak terpapar dengan kecanggihan teknologi tersebut. HP misalnya. Dengan kegiatan ini, saya sangat mendukung karena ini akan menanamkan jiwa patriotisme pada anak-anaknya,” tutur wali murid SDN 4 Purwodadi ini.

Ketua umum panitia HUT ke 74 RI, Moh Soemarsono mengatakan, kegiatan karnaval ini merupakan satu dari seluruh rangkaian acara peringatan HUT ke 74 RI. Pihaknya bersyukur, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

“Rangkaian peringatan HUT ke 74 RI di Grobogan masih banyak yang digelar, hari ini dilaksanakan karnaval hingga tanggal 20 Agustus 2019. Pada tanggal 21, ada pagelaran wayang kulit. Di tanggal 22-28 ada Pasar Rakyat Grobogan. Tanggal 23 jalan sehat dan rencana juga akan dilaksanakan Grobogan Berdzikir,” jelas Soemarsono, saat dikonfirmasi suarabaru.id.

Hal yang sama diungkapkan pria yang juga menjabat sebagai Sekda Grobogan tersebut. Menurutnya, seluruh rangkaian kegiatan difokuskan untuk memperingati sekaligus menghibur rakyat.

“Bagi saya pribadi, HUT RI seperti mengenang almarhum kakek saya yang juga seorang veteran. Namun, sebagai bagian dari Pemkab Grobogan memaknai HUT RI sebagai momentum untuk melestarikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme, pluralisme, guna mempertahankan keutuhan NKRI sampai kapanpun,” ujar Soemarsono.

suarabaru.id/Hana Eswe.